Perusahaan Tambang Milik Konglomerat Eka Tjipta Widjaja Ini Lagi-Lagi Dirikan Anak Usaha
Foto: Dok. Dian Swastatika

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan tambang milik mendiang konglomerat Eka Tjipta Widjaja PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, lagi-lagi mendirikan anak usaha. Mereka mendirikan PT KUPU Era Medika (KEM) yang berkegiatan usaha usaha sebagai perusahaan holding dan penyedia jasa konsultasi manajemen lainnya.

Corporate Secretary Dian Swastika Sentosa (DSSA) Susan Chandra dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu 5 Oktober mengatakan, anak usaha yang baru didirikan tersebut berkegiatan usaha sebagai perusahaan holding dan penyedia jasa konsultasi manajemen lainnya.

"Dengan kepemilikan saham efektif perseroan dalam KEM adalah lebih dari 99 persen," ujar Susan.

Sebelumnya pada 6 September 2022, DSSA melalui PT Daya Anugerah Sejati Utama (EMU) telah mendirikan entitas anak baru bernama PT Daya Surya Mas Makmur (DSMM). Anak usaha tersebut memiliki kegiatan usaha sebagai perusahaan holding. Adapun modal ditempatkan dan disetor DSMM adalah sebesar Rp250 juta

Pendirian anak-anak usaha baru tersebut membuat bisnis Dian Swastika Sentosa kian menggurita. Sebab, emiten yang bergerak di bidang energi dan pertambangan batu bara ini telah mengembangkan lini bisnisnya ke berbagai bidang. Mulai dari perdagangan besar, konstruksi, operasi, dan keuangan pembangkit listrik, perdagangan pupuk dan kimia, hingga multimedia. 

Tak heran apabila DSSA berhasil mencetak kenaikan laba sepanjang semester I 2022 sebesar 472,78 persen menjadi 251,58 juta dolar AS dari 43,92 dolar AS juta pada periode yang sama tahun lalu. Dengan demikian, laba bersih per saham dasar DSSA naik menjadi 0,33 dolar AS dari sebelumnya 0,06 dolar AS.