Ulang Tahun ke-77, KAI Siapkan LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-77 pada hari ini, Rabu 28 September yang bertema "Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik" dengan menyiapkan LRT Jabodebek dan Kereta (KA) Cepat Jakarta-Bandung.
 
"Penyelesaian kedua proyek strategis nasional ini merupakan agenda kita bersama yang selanjutnya juga harus mampu kita jawab dan merupakan pondasi dari pengembangan perkeretaapian di Indonesia ke depan," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya di Jakarta, dikutip dari Antara.
 
Ia mengatakan, 77 Tahun tidak hanya bermakna sebagai angka, tetapi juga pencapaian atas kinerja KAI dalam melayani negeri.
 
Pada masa pandemi Covid-19, KAI mampu menunjukkan eksistensinya sebagai suatu perusahaan yang tidak hanya dapat bertahan dalam menghadapi tekanan krisis, akan tetapi bangkit lebih cepat dengan kinerja yang positif selama semester I Tahun 2022 ini.
 
Didiek mengatakan, KAI harus terus mampu menjawab kebutuhan pelanggan, memberikan pengalaman perjalanan yang berbeda, dengan memberikan pelayanan yang sesuai dengan segmen pelanggan KAI dengan pemanfaatan digitalisasi.
 
Pelayanan yang lebih baik lagi ini bergerak pada satu kunci strategi yaitu Customer Centricity, yang bermakna memahami secara luas dan mendasar atas kebutuhan pelanggan.
 
Kata dia, KAI telah memiliki reputasi sebagai Badan Usaha Milik Negara yang dapat diandalkan dan mampu menjawab tantangan perubahan yang ada.
 
"Kita memiliki kekuatan pengalaman yang panjang dalam melakukan transformasi pengelolaan perkeretaapian di Indonesia," katanya.
 
Pada HUT ke-77 ini, KAI mempersingkat waktu tempuh 5 kereta api antara kota per 28 September 2022 hingga 31 menit.
 
KAI juga terus melakukan inovasi-inovasi pada internal perusahaan sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan yang lebih baik.
 
KAI meluncurkan KAI Smart Assistant (KAISA), yaitu assistant pintar dalam platform robotic process automation (RPA) yang mampu melakukan pekerjaan secara berulang, klerikal, rutin, manual dan berjumlah banyak.
 
 
KAI juga meluncurkan Rail Procurement in Digital (RAPID), yakni aplikasi yang menggunakan platform digital di bidang pengadaan barang dan jasa.
 
Memanfaatkan teknologi informasi, KAI mengembangkan sebuah aplikasi pengadaan end to end dan menjadi rantai pasok pengadaan perusahaan.
 
"Mengutamakan transparansi atau good corporate governance (GCG) proses pengadaan barang dan jasa jauh lebih cepat dan bisa diakses di mana saja," ujarnya.
 
Pada momen HUT ke-77, KAI juga menghadirkan wajah baru dengan mengganti seragam untuk pegawai frontliner.
 
Untuk menghadirkan design exclusive, KAI menggandeng perancang busana ternama Anne Avantie agar pegawai frontliner KAI terlihat jauh lebih elegan.
 
Perubahan seragam ini bertujuan untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Serta wujud komitmen KAI dalam menjawab kebutuhan pelanggan, memberikan pengalaman perjalanan yang berbeda dan berkesan.
 
Tidak hanya itu, KAI juga melakukan penandatanganan MoU dengan PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, KAI dengan Sumitomo Corporation dan Nippon Steel Corporation, dan KAI dengan PT SKF Industrial Indonesia.