Sulbar Siapkan 11 Ribu Hektare Lahan Sekolah untuk Pengembangan Jagung
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyiapkan sebanyak 11 ribu hektare lahan sekolah untuk dimanfaatkan dalam pengembangan komoditas tanaman pangan khususnya jagung.

"Sebanyak 11 ribu hektare lahan sekolah di seluruh wilayah Sulbar disiapkan untuk mendukung program ketahanan pangan pemerintah dalam rangka mengantisipasi krisis pangan," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Muhammad Natsir di Mamuju, dikutip dari Antara, Sabtu 17 September.

Ia mengatakan, lahan sekolah tersebut, segera dikelola untuk dimanfaatkan dalam mengembangkan komoditas tanaman jagung.

Menurut dia, SMK pertanian kakao di Sulbar di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju misalnya telah mengembangkan komoditas jagung dan kakao di atas lahan pekarangan sekolahnya untuk mendukung program tersebut.

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik juga mengatakan Pemerintah Sulbar telah mendorong agar seluruh sekolah di Sulbar dapat memanfaatkan lahan untuk kebutuhan pangan.

"Sulbar menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk membangun ketahanan pangan dan seluruh sekolah di Sulbar telah diminta mengembangkan tanaman jagung," katanya.

Menurut dia, terdapat tiga komoditas pangan yang masih di impor Indonesia, seperti jagung, kedelai dan gandum, sehingga Sulbar harus mengembangkan pangan untuk menghadapi tantangan krisis pangan.

"Pemerintah Sulbar juga mengembangkan pangan untuk menekan laju inflasi dan semoga seluruh sekolah di Sulbar mampu memanfaatkan lahan pekarangan sekolahnya mengembangkan komoditas pangan," katanya.