Pemerintah Pusat Beri Bantuan ke Pemprov Sulbar Pengembangan 50 Hektare Tanaman Kedelai
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar di Mamuju, Sabtu, 9 Januari (M Faisal Hanapi/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah pusat memberikan alokasi bantuan untuk pengembangan komoditi tanaman kedelai seluas 50 hektare di berbagai daerah di Sulawesi Barat (Sulbar).

"Pemerintah Sulbar bersyukur karena tahun ini petani di Sulbar mendapatkan bantuan untuk pengembangan komoditi tanaman kedelai seluas 50 hektare dari pemerintah pusat," kata Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar di Mamuju, dilansir Antara, Sabtu, 9 Desember.

Ia mengatakan, bantuan pengembangan komoditi kedelai untuk Sulbar untuk dikelola tahun ini tersebut, merupakan bantuan pemerintah pusat yang paling besar di antara daerah lainnya di Indonesia yang juga mendapatkan bantuan yang sama.

Menurut dia, bantuan tersebut hendaknya menjadi motivasi bagi petani kedelai di Sulbar dengan mengelola lahan yang terbengkalai untuk dimanfaatkan lagi sebagai lahan pengembangan kedelai.

"Dengan begitu, maka petani memberikan sumbangsih besar untuk perekonomian daerah dengan pengembangan lahan kedelai yang dilakukan," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Sulbar Syamsul Maarif mengatakan di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polman telah direncanakan pengembangan tanaman kedelai seluas 300 hektar awal tahun ini.

Ia berharap program nasional tersebut dapat terealisasi sebagaimana dalam visi-misi pemerintah Sulbar dalam mengembangkan sektor pertanian.