Rilis Kinerja Emiten Diprediksi Jadi Pendorong Penguatan IHSG Hari Ini
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan hari ini, Kamis 11 Agustus, seiring dengan masuknya aliran dana asing dan rilis kinerja emiten.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan IHSG masih terlihat akan menguji level all time high-nya kembali. Laporan kinerja emiten masih akan menjadi salah satu faktor pendorong kenaikan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

"Ditambah dengan capital inflow yang terlihat masih terus berlangsung ke dalam pasar modal Indonesia," ujarnya dalam publikasi riset.

Pada perdagangan Rabu 10 Agustus, investor asing mencatatkan net buy Rp312,34 miliar di pasar saham. Net buy asing sepanjang 2022 mencapai Rp58,91 triliun.

William memprediksi hari ini IHSG berpotensi menguat dalam rentang 6.988-7.147. Rekomendasi saham pilihannya adalah UNVR, BBCA, KLBF, KAEF, HMSP, GGRM, ASRI, PWON, BINA.

Sementara Analis Panin Sekuritas Christian Anderson Yuwono menilai, sentimen global yang menjadi penggerak indeks adalah antisipasi pasar terhadap rilis data inflasi di AS. Sementara sentimen di Asia datang dari kenaikan permintaan batubara dari China.

"Kenaikan ini karena adanya peningkatan produksi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) untuk memenuhi puncak permintaan musim panas," ujar Christian.

IHSG menurutnya, berpotensi untuk menguji support pada level harga 7.010, dengan resistance di level 7.135 pada perdagangan hari ini. Ia pun merekomendasikan investor untuk memantau saham BBCA, BBRI, BBNI, CTRA, BSDE.