Nostalgia Sri Mulyani Atas Kemajuan STAN: 2005 Saya Kesini Isinya Kambing, Sekarang Keren
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Tangkap layar Youtube STAN)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) menyebut bahwa kondisi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) saat ini sudah jauh berkembang dengan berbagai fasilitas dan sarana yang memadai.

Perubahan ini menurutnya sangat terasa jika dibandingkan situasi hampir dua dekade lalu. Nostalgia tersebut disampaikan Menkeu ketika berbicara di puncak peringatan Dies Natalis STAN 2022.

“Saat saya menjadi Menteri Keuangan 2005, saya diundang ke STAN. Waktu itu isinya kambing. Kampus anda tidak sekeren ini sekarang, alang-alang ada dimana-mana. Kambing masuk entah dari mana pagarnya seperti apa. Lalu, saya menganggap ini bukan tempat yang baik untuk menimba ilmu,” ujarnya melalui saluran virtual pada Jumat, 29 Juli.

Tidak hanya itu, bendahara negara juga membagikan cerita atas diskusinya dengan salah satu alumni STAN yang kini menjadi public figure dan dikenal masyarakat luas.

“Saya masih ingat betul Pak Helmy Yahya bercerita sempat menjadi asisten dosen disini dan bilang suasannya (dulu) sangat depresif. Saya rasa dia bisa membagikan pengalaman masa mudanyA melalui podcast yang dimiliki,” tutur dia.

Atas kondisi yang terjadi, Menkeu ketika itu langsung mengambil inisiatif untuk melakukan pembaharuan STAN dan mendorong terjadinya transformasi kamus.

“Maka sejak saat itu saya minta ini semua diubah. Sekarang semuanya bagus, maka seharusnya anda harus 1.000 kali lebih baik lulusannya dan ini bisa saya tagih,” katanya.

“Tadi saya menerima laporan kalau sekarang ada auditorium, laboratorium, perpustakaan yang memiliki jurna lengkap dengan internet yang bisa mengakses informasi luas. Semua bertujuan untuk memperbaiki anda dari sisi profesionalisme, keilmuan, dan juga berbagai keahlian yang dibutuhkan untuk bisa mengelola keuangan negara secara lebih baik,” tegas Menkeu Sri Mulyani.

Sebagai informasi, Politeknik Keuangan Negara STAN adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Kampus ini menyelenggarakan pendidikan program studi diploma bidang keuangan negara yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan.