Kembali Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh Dunia Versi Forbes 2022, Sri Mulyani Tempati Posisi ke 47
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) bersama Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam agenda G20 (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani tercatat kembali masuk dalam jajaran wanita berpengaruh di dunia pada periode 2022 menurut majalah Forbes.

Dalam sebuah publikasi bertajuk Tops Forbes’ 19th Annual Ranking of the World’s Most Powerful Women, bendahara RI itu menempati peringkat 47.

“Ada beberapa kriteria Forbes saat menyusun daftar tersebut, yakni dilihat dari empat metrik utama, mencakup uang, media, dampak, dan lingkup pengaruh,” kata Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam rilisnya, Jumat, 9 Desember.

Dijelaskan bahwa Sri Mulyani memberikan kontribusi besar sebagai Menteri Keuangan setelah menjabat sebagai Direktur Pelaksana dan COO Bank Dunia.

“Sebagai menteri dia meningkatkan penerimaan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak,” kata Kemenkeu melansir Forbes.

Selanjutnya, diterangkan jika pada tahun lalu Sri Mulyani menerima penghargaan prestisius Best Minister di World Government Summit atas upayanya melaksanakan reformasi. Diungkapkan selama di Bank Dunia Sri Mulyani menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.

“Indrawati menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia dari tahun 2005 hingga 2010, membantu memandu transisi negara dari otokrasi ke demokrasi,” tutup risalah itu.