Luar Biasa, Bos Pertamina Nicke Widyawati Ungguli Sri Mulyani dalam Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Media terkemuka dunia, Forbes, baru saja melansir daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia. Dalam laporan tersebut terdapat dua nama asal Indonesia yang masuk jajaran elit, yakni Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Satu hal yang menarik adalah posisi Menkeu Sri Mulyani berada di bawah posisi bos Pertamina, yakni peringkat 66. Adapun, Nicke disebutkan ada di peringkat 27 atau turun dua tingkat dari tahun lalu yang menempati urutan 25 dunia.

Posisi puncak diduduki oleh MacKenzie Scott, yang tak lain adalah janda dari pendiri Amazon, Jeff Bezos. MacKenzie dianggap sebagai wanita paling berpengaruh di dunia berkat peranannya dalam aktivitas filantropi.

Asal tahu saja, MacKenzie berhasil menggusur Angela Merkel yang baru saja menyatakan pensiun dari jabatannya sebagai Kanselir Jerman.

Lalu, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menyusul di posisi kedua dalam daftar Forbes Most Powerful Women 2021. Disusul kemudian Gubernur Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, CEO General Motors Marry Barra, serta Melinda Gates yang merupakan mantan istri miliarder Bill Gates.

Untuk diketahui, Forbes merangkum daftar wanita paling berpengaruh di dunia tahun ini berasal dari pemimpin perusahaan multinasional sebanyak 40 orang dan juga 19 lainnya adalah pemimpin pemerintahan di berbagai negara dan organisasi global.