Sido Muncul Tetap Optimistis Kinerjanya Tumbuh Dua Digit Tahun Ini
Foto: Dok, Sido Muncul

Bagikan:

JAKARTA - Meski ada tantangan berupa pelemahan rupiah dan kenaikan harga bahan baku, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) tetap optimistis mampu meraih pertumbuhan kinerja dua digit di akhir tahun 2022.

Salah satu strategi Sido Muncul dalam waktu dekat ini, adalah melalui kenaikan harga. Direktur Utama Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul David Hidayat menjelaskan pelemahan rupiah memang berdampak pada kenaikan harga bahan baku produk minuman dan packaging.

"Untuk mengatasi inflasi yang terjadi kami berusaha menekan biaya termasuk biaya produksi dengan melakukan beberapa efisiensi," jelasnya, dikutip dari Bisnis Indonesia, Senin 11 Juli.

Selain efisiensi, produsen Tolak Angin ini juga melakukan penyesuaian harga jual beberapa produknya. Dia menegaskan telah menyusun strategi untuk mengantisipasi tekanan inflasi dan pelemahan rupiah, agar tidak menurunkan kinerja perseroan.

Dengan begitu, SIDO masih optimistis mengejar pertumbuhan dua digit pada akhir tahun ini. Di sisi lain, perseroan juga mendapatkan permintaan ekspor yang meningkat, kendati kontribusi terhadap total pendapatan masih belum terlalu besar.

"Kebetulan kenaikan permintaan ekspor meningkat tetapi belum terlalu besar. Kontribusi expor kami baru mencapai 5 persen dari total pendapatan," katanya.

Sebagai informasi, Sido Muncul meraup pertumbuhan penjualan sebesar 11 persen menjadi Rp880 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sejalan dengan pertumbuhan penjualan, laba bersih juga mencatatkan pertumbuhan yang solid sebesar 10 persen menjadi Rp295 miliar dari tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar Rp269 miliar.