Lakukan Kunjungan Kerja ke PLTP Sorik Marapi, Komisi VII Bantu Carikan Jalan Keluar
Pembangkit listrik tenaga panas bumi PT SMGP. (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VII Maman Abdurrahman DPR RI memimpin Kunjungan Kerja ke PLTP Sorik Merapi dan Wellpad T di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Dalam kunjungan Komisi VII berpaya mencari jalan keluar permasalahan antara PT Sorik Marapi Geothermal Project (SMGP) dengan warga setempat.

Persoalannya, PT SMGP yang merupakan pengembang pada proyek PLTP Sorik Marapi, melaporkan telah terjadi semburan liar (blow out) yang diikuti dengan keluarnya gas H2S ketika berlangsung pengeboran sumur panas bumi T-12 pada tanggal 24 April 2022.

"Melihat kondisi demikian sehingga Komisi VII DPR RI memandang perlu untuk menjadikan PLTP Sorik Marapi Mandailing Natal," ujar Maman dalam keterangan tertulis, Selasa 13 Juni.

Komisi VII beranggapan, semburan liar gas yang dimaksud merupakan salah satu potensi bahaya yang dapat terjadi dalam kegiatan pengeboran, sehingga prosedur dan peralatan untuk pencegahannya juga harus dipersiapkan dengan baik.

Dampak dari kejadian tersebut, dilaporkan sebanyak 19 orang warga masyarakat dan 2 orang kru pengeboran terpapar gas H2S yang keluar dari semburan liar.