Menko Airlangga Berharap IIMS 2022 Bawa Industri Otomotif Pulih Lebih Cepat
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Hartarto resmi membuka pameran otomotif Jakarta International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan agenda seperti ini sangat potensial untuk mendorong percepatan pemulihan sektor otomotif di tengah pandemi COVID-19.

“Saya yang mewakili Bapak Presiden ingin menyampaikan pesan bahwa beliau menghaturkan memberikan salam dan selamat kepada seluruh penyelenggara dan peserta pameran. Kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk pertumbuhan industri agar bisa pulih lebih cepat," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat 1 April.

Menurut Airlangga, sektor otomotif semakin membaik, didukung berbagai kebijakan pemerintah, salah satunya relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Dijelaskan oleh dia jika hingga Februari 2022 realisasi insentif PPnBM telah mencapai Rp15,8 miliar.

Airlangga juga menyebut pemerintah terus mendorong percepatan kendaraan listrik di Tanah Air melalui sejumlah peraturan. Salah satunya lewat Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

“Regulasi ini mengatur berbagai landasan insentif fiskal dan nonfiskal bagi percepatan industrialisasi KBL Berbasis Baterai,” tuturnya.

Kemudian, terdapat pula pemberian PPnBM 0 persen bagi kendaraan listrik yang memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“IIMS tahun ini bisa menjadi ajang bagi perusahaan otomotif untuk menyajikan berbagai inovasi teknologi. Selain itu, ajang ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat berpenghasilan menengah yang ingin memiliki kendaraan,” sambung dia.

Agenda pameran sendiri dijadwalkan berlangsung mulai hari ini hingga 10 April 2022 mendatang. Pengunjung bisa datang langsung ke lokasi atau melalui saluran virtual yang disediakan oleh pihak panitia penyelenggara.