Buka Pameran IIMS 2023, Jokowi: Industri Otomotif RI Berprospek Cerah
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar mulai 16 hingga 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, secara resmi saya buka IIMS 2023," kata Jokowi dalam sambutan pembukaan IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis, 16 Februari.

Presiden Jokowi mengatakan, industri otomotif Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang positif pada tahun lalu. "Industri otomotif kita memiliki prospek yang cerah," ujarnya.

Sepanjang 2022, penjualan mobil diketahui mencapai 1.048.000 unit atau tumbuh hingga 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan, penjualan sepeda motor tumbuh 3,3 persen atau sebanyak 5.221.000 unit.

Dalam pembukaan IIMS, Presiden Jokowi tampak didampingi oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hingga duta besar Kamboja.

Pada kesempatan sama, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama mengatakan, dengan mengusung tagline "Bringing Opportunity for Otomotive Society Together", IIMS 2023 mengajak seluruh industri otomotif untuk berperan serta dalam meningkatkan pertumbuhan industri otomotif nasional.

"IIMS 2023 menghadirkan lebih dari 45 brand roda empat, roda dua dan kendaraan listrik. Kami berharap penyelenggaraan IIMS dapat mendukung masyarakat dan juga industri yang terlibat di dalamnya," ujarnya.

Sekadar informasi, IIMS 2023 digelar oleh Dyandra Promosindo dengan menghadirkan 45 brand otomotif. 

Adapun brand roda empat yang turut hadir, Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand, yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, dan Volkswagen (VW). 

Selanjutnya, brand roda dua yang hadir yaitu Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, KTM, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield dan Yamaha. Sedangkan brand kendaraan listrik roda dua diikuti oleh Gelis, Ion Mobility, Rakata, Selis dan Smartby.