Bagikan:

JAKARTA - PT Multipolar Tbk bakal mengantongi dana segar Rp995,92 miliar. Dana tersebut berasal dari penerbitan saham baru sebanyak 1,99 miliar dengan harga pelaksanaan Rp500 per saham.

Mengutip dokumen penawaran perseroan, perusahaan milik konglomerat Mochtar Riady ini melepas sebanyak 11,98 persen saham baru melalui hask memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Penawarannya, setiap 51 saham biasa atas nama kelas A, B, dan C yang namanya tercantum pada 18 Maret, bisa mendapatkan tujuh HMETD dimana satu HMETD berhak membeli satu saham baru.

"Saham Baru yang ditawarkan dalam rangka PMHMETD VII dengan menerbitkan HMETD ini seluruhnya adalah saham yang dikeluarkan dari portepel Perseroan dengan nilai nominal Rp100 setiap saham," tulis dokumen penawaran Mulipolar dikutip Kamis 10 Maret.

Multipolar juga tidak perlu menunggu lama untuk meraup target dana dari HMETD. Pasalnya pemegang saham utama perseroan yakni PT Inti Anugerah Pratama (IAP) akan melaksanakan seluruh HMETD sebanyak 761,92 juta atau setara dengan Rp380,96 miliar.

Bahkan, IAP juga akan menyerap sisa saham HMETD Multipolar jika tidak ada investor lain yang mengambil bagian dari haknya, paling banyak 278,08 juta saham. Nilainya berkisar Rp139,04 miliar.

Sebagai tambahan informasi, dari dana yang diraup melalui HMETD itu, Multipolar akan menggunakan sebanyak Rp90 miliar untuk melunasi fasilitas pinjaman ke Bank CIMB Niaga, Rp174 miliar atau setara dengan 12 juta dolar AS untuk pelunasan utang kepada Bank BNI, dan sisanya akan digunakan untuk pengembangan usaha perseroan, atau innvestasi secara langsung melalui perusahaan anak.