Kisah Kasih Putri Konglomerat Hary Tanoesoedibjo dengan Putra dari Bos Emtek, Bakal Ada Kolaborasi Bisnis 2 Taipan?
Jessica Tanoesoedibjo dan Jonathan Natakusuma. (Foto: Instagram @jessicatanoe)

Bagikan:

JAKARTA - Anak dari konglomerat Hary Tanoesoedibjo, yakni Jessica Tanoesoedibjo baru saja mengumumkan telah dilamar oleh Jonathan Natakusuma pada Minggu 30 Januari lalu. Momen kebahagiaan tersebut diunggah Jessica di akun Instagram pribadinya @jessicatanoe.

"There: two lovebirds, As he knelt on one knee, And asked those four words "Will you marry me? Surely, I can’t suppress, of course, they all knew: Here, my easiest "yes" to a lifetime with you," tulis Jessica, dikutip VOI, Selasa 1 Februari.

Jessica Tanoe yang lahir pada 15 Juni 1994 ini merupakan ketiga dari pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo. Dia memiliki dua orang kakak yakni Angela Tanoesoedibjo dan Valencia Tanoesoedibjo serta dua orang adik yakni Clarissa Tanoesoedibjo dan Warren Tanoesoedibjo.

Sebelum terjun ke dunia usaha melanjutkan bisnis keluarga, Jaessica telah menyelesaikan pendidikannya di Biola University, Macquaire University, dan New South Wales University. Sebagai generasi kedua Hary Tanoe, Jessica juga telah memikul tanggung jawab untuk masuk jajaran manajemen bisnis media milik sang ayah atau berkarir di MNC Grup.

Berbeda dengan saudara kandungnya yang terjun di industri media dan hiburan, Jessica memilih untuk fokus menangani bidang keuangan di MNC Grup. Jessica saat ini dipercaya mengisi posisi Director of Digital Business Development and Marketing & Communications PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP).

Di tangan Jessica, BCAP juga telah melakukan ekspansi bisnis, khususnya dalam mengoptimalkan digitalisasi dalam berbagai layanan.

MNC Financial Services misalnya telah meluncurkan alplikasi pembayaran dengan nama Smart Payment Indonesia (SPIN) pada tahun 2019, yang kemudian bertransformasi menjadi MotionPay pada tahun 2021. Sampai saat ini Jessica juga mengemban tugas sebagaiManaging Director MotionPay.

Sebagai wujud keseriusan mendigitalisasi layanan jasa keuangannya, MNC Kapital menyatukan seluruh talenta financial technology (fintech) perseroan di bawah naungan MotionTech, untuk secara fokus mengembangkan berbagai aplikasi di bawah brand Motion.

Selain di bisnis keuangan, Jessica juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial melalui Yayasan MNC Peduli yang saat ini dipimpinnya. Selain itu, dua juga sebagai Chairwoman of the Board di MNC University.

Sementara jika membahas calon suami Jessica, Jonathan Natakusuma, oria tersebut ternyata punya karier yang mengkilap. Jonathan merupakan Chief Investment Officer atau kepala investasi dari Quantum Alpha dan juga CEO of Eden Sehat Sejahtera.

Quantum Alpha merupakan perusahaan manajemen investasi swasta yang mencari peluang untuk berinvestasi di tiga pasar modal geografis yang berbeda yakni Amerika, Eropa, dan Asia. Menariknya lagi, pria lulusan Harvard University itu merupakan anak dari konglomerat atau bos Emtek Grup, Fofo Sariaatmadja, yang menjadi komisaris dan pemegang saham di PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) alias Emtek.

Berdasarkan data BEI, pemegang saham saham perseroan efektif, Eddy Sariaatmadja masih menjadi pengendali dengan kepemilikan terbesar 24,90 persen. Susanto sebesar 12,60 persen, Adikarsa Sarana 11,50 persen. Anthoni Salim 9,10 persen, Piet Yaury menggenggam kepemilikan 8,80 persen.

Sementara itu, Pima Visualindo dan The Northern Trust Company masing-masing 8,10 persen. Fofo Sariaatmadja sebesar 5,40 persen. Sisanya pemegang saham publik 9 persen dan saham tresuri 2,50 persen.

Meski Jonathan tidak bersinggungan langsung dengan Emtek, tampaknya arah bisnis dua raksasa media ini layak dicermati. Bisa saja dengan perkawinan dengan Jessica Tanoe nanti dapat membuka pintu kolaborasi MNC Group dengan Emtek. Tidak ada yang tidak mungkin.