Siapa Konglomerat Jerry Ng Bankir Kawakan yang Punya Harta Rp45 Triliun dan Pernah jadi Anak Buah Taipan Djarum Hartono Bersaudara
Jerry Ng (Foto: Tangkap layar webinar)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi kalangan profesional perbankan pasti sudah tidak asing dengan nama Jerry Ng. Sosok yang lahir di Pontianak 2 Juli 1965 itu memang dikenal sebagai seorang bankir handal. Pengalamannya selama lebih dari 30 tahun di industri jasa keuangan mengantarkannya sebagai sosok yang cukup berpengaruh di sektor ini.

Nama Jerry Ng mulai santer terdengar kala dia menukangi PT Bank BTPN Tbk. pada 2008-2019 sebagai direktur utama. Di bank segmentasi dana pensiun tersebut, Jerry membuat sejumlah perubahan besar.

Dia mampu menjadikan emiten berkode saham BTPN itu masuk jajaran elit dengan taksiran aset menembus Rp101 triliun dari sebelumnya hanya Rp8,8 triliun.

Adapun, beberapa inovasi yang dilakukan antara lain mendiversifikasi bisnis perseroan yang semula hanya melayani para pensiunan menjadi penyalur kredit bagi UMKM dan segmen prasejahtera produktif. Alhasil, laba BTPN tercatat pernah menembus Rp2 triliun dalam satu kali tahun buku.

Jerry lantas memutuskan untuk hijrah dari bank yang membesarkan namanya itu. Dia kemudian mencoba peruntungan dengan mencaplok PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia dan mengakuisisi 51 persen saham PT Bank Artos Indonesia Tbk bersama Wealth Track Technology Limited.

Dengan nama besar Jerry Ng, startup decacorn Gojek disebut-sebut tertarik untuk bekerja sama melalui skema pengembangan Bank Artos menjadi Go Bank. Namun, kabar tersebut abu-abu karena masing-masing pihak belum menyampaikan komitmen resmi.

Pada 2020 secercah petunjuk terlihat. Gojek yang awalnya malu-malu untuk mengakui ketertarikannya akhirnya menyerah. Perusahaan yang dibesut Nadiem Makarim itu menyatakan setuju mengakuisisi 22,16 persen saham Bank Artos melalui produk GoPay-nya.

Alhasil, Bank Artos kini bertransformasi menjadi bank digital dengan merek dagang Bank Jago. Lalu, pada April 2021 perusahaan ini meluncurkan aplikasi digital untuk memudahkan nasabahnya dalam mengelola keuangan. Hingga kini Bank Jago mantap menapaki bisnis finansial digital dengan target ke depan meng-grab nasabah milenial.

Asal tahu saja, kesuksesan Jerry Ng di dunia perbankan tidak lepas dari pengalamannya di berbagai institusi keuangan. Tidak hanya BTPN, dia juga sempat mencicipi kursi petinggi di BCA sebagai deputi presiden direktur di periode 2001-2002.

BCA sendiri merupakan bank swasta terbesar di Tanah Air yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh orang terkaya di Indonesia, yakni Hartono Bersaudara.