Selain Ganja, 7 Tanaman Ini Punya Efek Memabukkan
Marijuana (Greenforce Staffing/unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mungkin Anda adalah salah satu orang yang tak mengetahui bahwa ada tanaman beracun yang punya efek memabukkan layaknya ganja. Beberapa tanaman tersebut bahkan tumbuh subur di lingkungan penduduk.

Efek mabuk yang terkandung dalam tanaman ini juga berfariasi, tergantung jenis tanaman dan seberapa banyak dikonsumsi. Sayangnya tanaman ini tak boleh sembarangan digunakan oleh masyarakat. Lalu, apa saja tanaman tersebut?

Kecubung

Tanaman ini tidak hanya menimbulkan efek mabuk, bahkan mampu menimbulkan efek gila. Kecubung kerap digunakan oleh masyarakat tradisional untuk merasakan efek mabuk dengan biaya murah.

Efek halusinasi yang dihasilkan dari mengonsumsi kecubung disebabkan karena adanya senyawa seperti atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang sifanya antikholinergik. Selain itu, tanaman liar ini juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

Masyarakat yang mengonsumsi kecubung untuk mabuk akan memanfaatkan bunganya dan mencampur dengan masakan atau bahkan minuman. Ada pula yang mencampurnya dengan rokok.

Kanna

Tanaman ini asalnya dari benua Afrika dan digunakan sebagai bahan bius untuk melumpuhkan musuh, hewan buruan, atau pasien yang membutuhkan ketenangan dalam penanganan tim kesehatan. Cara menggunakan tumbuhan ini cukup mudah yakni dengan mengunyahnya. Saripati yang keluar dari kanna akan membuat siapapun merasa tenang dan mengantuk. Namun jangan menggunakannya secara berlebihan karena akan menimbulkan efek halusinasi hingga badan yang mati rasa.

Damiana

Tanaman damiana jadi salah satu tanaman yang mampu menimbulkan efek mabuk. Aroba bunganya akan membuat siapapun yang menghirup secara berlebihan akan terbius. Tanaman yang banyak ditemukan di daratan tropis ini memang cukup mengerikan. Namun, di beberapa wilayah justru dijadikan campuran teh karena menimbulkan efek manis. Di beberapa negara damiana juga dipakai untuk mencampur obat terlarang untuk menimbulkan efek ‘fly’ lebih kuat.

Pala

Tanaman ini memang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan campuran rempah untuk masakan, minuman, bahkan obat tradisional. Ternyata siapa sangka pala punya efek yang menyerupai ganja saat dikonsumsi sembarangan.

Pala yang dikonsumsi secara langsung dengan jumlah yang melebihi dosis maka akan menimbulkan efek euforia dan halusinasi yang cukup parah. Bahkan, pala dapat membawa risiko kejang-kejang hingga kematian.

Blue Lotus

Tampilannya memang cantik, namun bunga ini mampu menjadi obat penenang. Bunga yang hidup di air ini biasnaya digunakan oleh oknum tertentu sebagai campuran obat ilegal. Jika digunakan secara sembarangan, Blue Lotus bisa memicu sesak nafas dan berujung pada kematian.

Hawaiian Baby Woodrose

Hawaiian Baby Woodrose adalah bunga yang bisa dijumpai di daerah tropis. Di Indonesia, bunga ini bisa ditemukan di dataran rendah. Bunga yang sangat jarang ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Biji dari bunga ini dapat menimbulkan efek mabuk. Bahkan satu biji bunga Hawaiian Baby Woodrose setara dengan empat helai daun ganja lebar.

Selada Liar

Selada ini berbeda dengan selada yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Bedanya, selada liar dapat menimbulkan efek mabuk. Bahkan tanaman ini digunakan sebagai bahan campuran rokok ilegal di Amerika Serikat. Bagian yang kerap digunakan adalah batangnya.

*Selain terkait tanaman beracun dengan efek memabukkan seperti ganja, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.

 

BERNAS Lainnya