Popularitas Putri Ariani Terkini dalam Pantauan Netray
Putri Ariani mendapat golden buzzer saat audisi America’s Got Talent 2023. (YouTube America’s Got Talent)

Bagikan:

JAKARTA – Penampilan Putri Ariani di audisi America’s Got Talent tahun ini mengejutkan para juri. Dengan keterbatasan pengelihatan yang dialaminya, Putri berhasil memukau seluruh orang yang menyaksikan langsung acara tersebut dengan bernyanyi dan bermain piano.

Seluruh penonton dan empat juri America’s Got Talent memberikan standing applause, bahkan Simon Cowell juri yang terkenal sebagai sosok yang tegas seketika terkesima dan langsung menekan tombol golden buzzer yang berarti Putri lolos ke babak live show tanpa harus mengikuti babak judge cut rounds terlebih dahulu.

Penampilan mengagumkan itu pun membuat nama Putri menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia dan sempat menjadi trending topic di Twitter. Dengan menggunakan kata kunci putri ariani, Netray Media Monitoring menemukan 9.768 twit dari 4.359 akun selama periode 7-13 Juni 2023. Twit menghasilkan impresi hingga 13,2 juta kali dan berpotensi menjangkau hingga 170,2 juta akun.

Sebanyak 8.934 twit positif terpantau muncul selama periode pemantauan. Twit positif dengan impresi tertinggi dicuitkan oleh akun @tanyakanrl yang mengapresiasi Putri sekaligus turut mengajak para pengikutnya untuk menonton penampilan Putri di America’s Got Talent.

Sejumlah nama tenar di Indonesia mulai dari pejabat, pengusaha, hingga seniman juga turut mengapresiasi.

Putri Ariani mendapatkan kesempatan menyanyi di hadapan Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada 14 Juni 2023. (Instagram/@jokowi)

“Neng Putri Ariani, kami semua bangga dan terharu dengan apa yang telah kamu perlihatkan di ajang America’s Got Talent hingga memukau juri-juri dan seluruh penonton dunia. Kamu orang Indonesia pertama yang meraih golden buzzer. Simbol respek tertinggi dari ajang bakat ini,” tulis Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lewat akun Twitternya pada 7 Juni 2023.

“Hebatnya, kamu menyanyikan lagu istimewa yang kamu ciptakan sendiri. Kamu pernah berkata, ‘Biarlah Putri tidak melihat dunia, tapi biarkan dunia melihat Putri’. Dan sekarang dunia melihatmu dengan luar biasa. Didoakan sukses dan terkabul semua cita-citamu. Aamiin,” Ridwan menambahkan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti pun mengaku bangga dengan talenta Putri Ariani.

“Semoga Allah memberikan kelebihan dan kemuliaan untukmu.. Selamat atas prestasinya,” ucap Susi pada 7 Juni 2023.

Para seniman Indonesia juga turut merayakan pencapaian Putri Ariani. Penulis dan musisi Fiersa Besari menceritakan pernah berkomunikasi dengan sang ibu karena Putri menyukai karya Fiersa. Sedangkan Addie MS, musikus kenamaan tampak menggunggah video Putri sedang membacakan ayat suci Al-Quran dengan suara merdunya

Meski begitu, Netray juga menemukan komentar bersentimen negatif dalam perbincangan. Beberapa di antaranya berisi pendapat pegiat Twitter yang menganggap media Indonesia sebagai media latah yang akan memberi pengaruh star syndrome kepada Putri.

“Akun @tanyakanrl menjadi yang paling tinggi dengan raihan impresi sebanyak 49.961 kali diikuti akun @TarizSolis dengan impresi sebanyak 20.928 kali. Cuitannya berisi ajakan untuk menonton penampilan Putri di America’s Got Talent yang telah membuatnya merinding dan terharu,” tulis Netray dalam laporannya pada 14 Juni 2023.

Populer di YouTube

Tak hanya di Twitter, nama Putri Ariani juga tampak populer di YouTube. Dengan menggunakan kata kunci dan periode pemantauan yang sama, Netray menemukan sebanyak 594 video selama periode pemantauan. Video-video tersebut bahkan sudah ditonton hingga 81,5 juta kali dengan total impresi sebanyak 84,4 juta kali.

Kanal yang paling banyak memperoleh impresi berasal dari akun America’s Got Talent, yakni sebanyak 30,8 juta reaksi. Kemudian akun Indonesia’s Got Talent dengan angka yang terpaut jauh, hanya 3 juta reaksi. Lalu, peringkat ketiga akun televisi swasta Indonesia, Indosiar dengan impresi 2,6 juta reaksi.

Akun America’s Got Talent yang menampilkan audisi Putri Ariani juga menjadi video terpopuler. Video berjudul ‘Golden Buzzer: Putri Ariani receives the GOLDEN BUZZER from Simon Cowell’ ini sudah ditonton sebanyak 29,9 juta kali dan memperoleh 1,4 juta likes.

Terpantau tak sedikit masyarakat Indonesia yang turut mengomentari video tersebut dengan ungkapan bangga.

Video populer selanjutnya berasal dari akun Talent Recap yang juga menampilkan proses audisi Putri di America’s Got Talent. Unggahan ini berhasil meraih 24,2 ribu likes, 1,4 ribu komentar dan telah ditonton sebanyak 1,4 juta kali.

Top accounts perbincangan Putri Ariani di Twitter. (Netray)

Video populer ketiga diunggah oleh akun Indonesia’s Got Talent 2023 pada tanggal 10 Juni 2023. Unggahan dengan judul ‘VIRAL! Putri Ariani Kembali Bawakan Lagu LONELINESS di IGT 2023’ telah ditonton sebanyak 1,3 juta kali, mendapat komentar sebanyak 3,6 ribu, dan 21,7 ribu likes.

Pada kolom komentar, akun Mh Safa mengkritik bagaimana perbedaan orang luar negeri dan orang Indonesia dalam menghargai talenta. Menurutnya, Putri tidak akan menjadi perhatian publik jika tidak karena golden buzzer di America’s Got Talent. Padahal, Putri sudah beberapa kali tampil di ajang bakat, bahkan memenangkan Indonesia’s Got Talent pada 2014.

Putri Ariani adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Melansir Wikipedia, dia lahir prematur dalam usia kandungan 6 bulan 18 hari karena sang ibu mengalami plasenta previa. Setelah keluar dari inkubator bayi selama 3 bulan, Putri divonis mengalami katarak.

Orang tua Putri sempat membawanya ke Singapura untuk menjalani pengobatan. Sayangnya, kenyataan tak sesuai harapan, Putri dinyatakan buta total ketika berusia 3 bulan.

Saat ini, Putri berhasil membuktikan. Dengan keterbatasan seseorang tetap memiliki kesempatan untuk terus mengejar impian. Menurutnya, jangan menunggu, tetapi harus menciptakan kesempatan. Mempelajari alat musik dan mengolah kemampuan vokal, serta memperdalam kemampuan berbahasa Inggris merupakan caranya menciptakan kesempatan.

Top channel mengenai konten Putri Ariani di YouTube. (Netray)

“Lewat semua yang sudah Putri lakukan, Putri cuma menunjukkan kalau we are able, we are capable, and we are equal, ya," ucapnya ketika bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 14 Juni lalu.

"Ubah insecure jadi bersyukur. Kurangi overthinking, perbanyak positive thinking," Putri menambahkan.

Presiden Jokowi pun mengapresiasi, "Saya dan seluruh rakyat akan mendukung Putri dalam kompetisi America’s Got Talent 2023 yang akan dijalaninya pada Agustus mendatang."