Punya Peran Penting di MotoGP, Perekrutan Marshal Tidak Boleh Asal
Salah satu tugas marshal adalah membantu dengan sigap setiap pebalap yang mengalami masalah di tengah lintasan. (Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun terkesan sepele, fungsi marshal amat penting dalam gelaran MotoGP. Secara umum, tugas marshal adalah membantu pebalap jika terjadi kecelakaan di lintasan. Tak hanya membantu pebalap, mereka juga akan membersihkan lintasan usai insiden agar bisa digunakan kembali.

Marshal dengan seragam orangenya memiliki tugas penting baik di lintasan maupun di pitlane, dengan peran yang berbeda-beda disetiap balapan. Jelang penyelenggaraan MotoGP di Indonesia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah mempersiapkan sebanyak 470 orang marshal untuk bertugas di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 18-20 Maret 2022.

Hal ini disampaikan perwakilan MGPA, M Wahab S, dalam sesi Media Visit virtual ITDC-MGPA dan EMTEK. Wahab mengatakan, MGPA telah melakukan pelatihan marshal MotoGP, yang sebelumnya bertugas dalam pergelaran WorldSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, 21 November.

Perekrutan marshal untuk MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika. (Foto: ANTARA)

“Total ada 300 marshal bertugas di World Superbike dan 198 di antaranya kembali bekerja saat tes pramusim MotoGP. Artinya animo marshal yang mayoritas asli Lombok memang luar biasa. Jika saat World Superbike, MGPA harus mengimpor banyak marshal dari Sirkuit Sepang, Malaysia, MotoGP kali ini  jumlahnya sudah didominasi orang Indonesia,” kata Wahab.

“Seleksi kami tidak terlalu sulit, karena kondisi fisik lah yang menjadi fokus utama kami. Namun, kami tetap menghormati aturan-aturan yang dibuat pemerintah, yang artinya kami tak boleh menyertakan pelajar untuk menjadi marshal. Menurut hukum, hal ini tak diperbolehkan. Jadi, kami mengikuti aturan itu," ungkapnya. 

Pelatihan untuk  marshal dihelat oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), bersama pelaksana MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, MGPA.

IMI bertugas sebagai instruktur pelatihan untuk seluruh marshal MotoGP Mandalika 2022, yang terdiri dari 198 orang eks WSBK 2021. Jumlah itu ditambah 69 rekrutan marshal baru, 51 anggota Brimob, dan 20 personel Badan SAR Nasional (Basarnas).

Marshal lokal direkrut dari masyarakat di sekitar Sirkuit Mandalika, yang melibatkan komunitas otomotif NTB dan Karang Taruna Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Sedangkan anggota Brimob dan Basarnas direkrut untuk bertugas sebagai petugas radio.

Setelah mendapat pelatihan pada 5 Februar 2022, para marshal praktek di lapangan dan dilakukan pembagian pos pada 6 Februari 2022. Kemudian pada 10 Februari 2022, telah melakukan simulasi balap MotoGP.

Bantuan dari Malaysia

Setidaknya 10 marshal dan 4 staf dari sirkuit Sepang Malaysia akan diberangkatkan menuju Indonesia untuk ikut menyukseskan MotoGP Mandalika. Kabar tersebut disampaikan pihak sirkuit Sepang lewat akun Instagram resminya, pada Minggu 13 Maret 2022.

"Mengirim cinta dari SIC (Sirkuit International Sepang ) untuk MotoGP Mandalika, semoga sukses dan selalu buat kami bangga," begitu caption yang ditulis akun Instagram resmi @sepangcircuit.

Kabar tersebut juga disampaikan oleh salah satu media Malaysia Tarmac Sports, melalui Instagramnya.

"4 orang staf SIC bersama 10 orang marshal ke Sirkuit Mandalika secara bertahap pada 13 dan 15 Maret 2022," tulis Tarmac Sports dalam akun Instagramnya

Hadirnya tenaga bantuan dari Malaysia ini sama seperti yang terjadi saat Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah  WorldSBK 2021.

Latihan pemadaman kebakaran bagi para marshal di Sirkuit Mandalika. (Foto: Dok. MGPA)

Berikut jenis dan tugas marshal yang berada di lintasan:

Trackside Marshal

Bertanggungjawab untuk membantu memastikan bahwa lintasan bebas dari rintangan yang berpotensi berbahaya. Mereka akan turun tangan ketika terjadi kerusakan motor balap, pebalap terjatuh, tabrakan di lintasan, hingga membersihkan puing-puing, kerikil atau oli dari sirkuit.

Flag Marshal

Bertugas memberikan sinyal penting kepada pebalap di trek. Termasuk peringatan kepada pebalap tentang potensi bahaya, seperti motor yang terjatuh, dengan mengibarkan bendera kuning. Flag Marshal juga akan memberi tahu pebalap bahwa trek sudah bersih dengan menunjukkan bendera hijau. Marshal ini biasanya mendapat tugas tambahan menjadi Finishline Marshal, yaitu mengibarkan bendera kotak-kotak di akhir lomba.

Pit Marshal

Kelompok marshal ini berbasis di pitlane dan mereka akan turun tangan ketika ada insiden di pit, misalnya tabrakan antara motor balap yang masuk dan meninggalkan pitbox mereka atau mengatasi kebakaran saat mengisi bahan bakar. Beberapa pit marshal juga dilengkapi dengan speed gun untuk memastikan pebalap tidak melebihi kecepatan yang diizinkan saat berjalan di pitlane.

Startline Marshal

Para marshal ini memainkan peran penting sebelum balapan dimulai, memastikan bahwa semua mobil berbaris dengan benar di grid. Mereka kemudian mengibarkan bendera kuning jika ada pebalap yang berhenti atau berusaha keluar dari garis saat balapan dimulai.



Paddock Marshal

Marshal tidak hanya dibutuhkan langsung di sekitar sirkuit itu sendiri, mereka juga dapat melakukan peran lain di paddock. Para marshal paddock melakukan berbagai tugas termasuk memastikan semua motor berada dengan benar di area perakitan, sebelum mereka menuju ke grid.

Administratif Marshal

Marshal ini jarang terlihat di sirkuit karena tugas mereka berada di belakang layar, seperti berkomunikasi antara kepala pos marshal dan petugas kursus, yang bertanggung jawab atas perlombaan.  Karena kelompok marshal ini kurang terlihat, bukan berarti mereka tidak memiliki peran penting untuk memastikan rapat balapan berjalan dengan sukses.

Kualitas marshal untuk MotoGP menjadi salah satu hal penting dalam balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, karena peran marshal yang menjadi ujung tombak keselamatan para pebalap. Agar balapan berlangsung lancar dan aman.