6 Jenis Marshall Sirkuit MotoGP dan Tugasnya
Ilustrasi tugas marshall sirkuit MotoGP (Dok. MotoGP)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam ajang balap MotoGP ada sebuah profesi yang bernama Marshal. Seorang marshal akan bekerja ketika terjadi sebuah insiden di area lintasan MotoGP. Marshal selalu berdiri di sejumlah titik sirkuit saat pelaksanaan balapan.

Profesi marshal memang tidak banyak disorot dalam dunia MotoGp. Padahal perannya cukup penting untuk penyelanggaraan motoGP berjalan dengan lancar. Marshal juga sangat berjasa membantu pemain yang mengalami insiden kecelakaan di sirkuit balap. 

Tugas Marshal Sirkuit MotoGP

Seorang marshal muncul atau dapat dilihat ketika ada insiden kecelakaan dalam MotoGP. Marshal memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan balapan MotoGP. Mereka membantu memastikan lintasan MotoGP tersedia secara aman sesuai standar, seperti bebas dari rintangan atau kondisi yang membahayakan. 

Selain itu, Marshal juga bertugas membantu mengkondisikan pebalap yang mengalami kecelakaan dan gangguan pada kendaraannya. Mereka akan membantu memulihkan motor atau mobil yang rusak dan memindahkannya ke tempat aman. Marshal juga bertugas membersihkan kerikil, oli, dan puing-puing di dalam area balap. 

Seorang marshal akan standby di sejumlah titik sirkuit MotoGp, seperti di garis start, tikungan tajam, maupun pitlane. Ketika ada pebalap yang terjatuh atau bertubrukan, mereka akan mendorong motor keluar lintasan.  

Jenis Marshal Sirkuit MotoGP

Ada beberapa jenis marshal dalam pelaksanaan balap MotoGP. Setiap marshal memiliki tanggung jawab dan tugasnya masing-masing.

Trackside Marshal

Trackside marshal bertugas memastikan lintasan atau sirkuit dalam kondisi yang aman dan siap untuk pelaksanaan balapan MotoGP. Marshal bertanggung jawab memastikan para pebalap dapat berkompetisi melajut dengan lancara di lintasan. 

Berikut beberapa tugas trackside marshall:

  • Memindahkan motor ke tempat yang lebih aman
  • Membantu memulihkan motor yang rusak
  • Membersihkan puing-puing motor yang mengalami kecelakaan
  • membersihkan kerikil dan oli dari trek

Flag Marshall

Flag marshal bertugas memberi sinyal atau tanda kepada pebalap di lintasan. Sesuai dengan namanya marshall ini bekerja dengan memegang dan mengibarkan bendera berwarna kuning dan hijau. 

Flag marshall mengibarkan bendera untuk menyampaikan tanda atau sinyal tertentu kepada pebalap. Berikut sinyal bendera kuning dan hijau yang dibawa flag marshall.

  • Bendera hijau: Bendera ini dikibarkan untk menandakan trek atau lintasan sudah bersih.
  • Bendera kuning: Bendara ini digunakan untuk menandakan adanya insiden kecelakaan di sirkuit balap.

Pit Marshall

Pit marshall bertugas untuk berjaga di pitlane. Pitlane adalah sebuah area yang memisahkan trek  balapan dengan pit box area khusus tim balap. Marshall ini bertanggung jawab untuk memastikan wilayah pitlane dalam kondisi aman. 

Berikut beberapa tugas dari pitlane marshall:

  • Membantu keluar-masuknya motor di area paddock ketika terjadi tabrakan. 
  • Mengatasi kebakaran saat pengisian bahan bakar. 

Starline Marshall

Starline marshall bertugas sebagai pengibar bendera di garis start. Marshal ini bertugas memastikan semua pebalap dan motor yang berbaris di garis start benar-benar siap. Motor harus berada sesuai dnegan grid/posisi masing-masing. 

Starline marshal akan memberi tanda kibaran bendera peringatan jika ada pebalap yang melanggar. Misalnya ketika ada pebalap yang berhentu atau keluar dari garis ketika balapan akan dimulai. 

Paddock Marshall

Paddock marshall bertugas di sekitara padddock atau garasi tiap motor. Marshall ini bertugas memastikan motor sudah berbaris dengan benar di area perakitan sebelum pelaksanaan balapan dan masuk ke grid start. 

Post Chief Marshall

Post chief marshall bertugas mengurus administrasi di belakang layar. Marshall ini berkomunikasi langsung dengan kepala marshall serta petugas yang mengelola turnamen. 

Itulah tugas marshall sirkuit MotoGP. Setiap jenis marshall memiliki peran dan tugasnya masing-masing. Meski tidak banyak disorot dan mendapat perhatian, marshall punya tugas penting untuk lkelancaran pelaksanaan MotoGP. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.