Heboh! PM Gijarat Dicabut Rohnya Usai Sebut 'Saya Muntahkan Racun Melawan Islam,' Benarkah?
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Akun Facebook Tiger Mblo baru-baru ini bikin heboh dengan mengunggah potongan video yang menampilkan seorang pria tengah berpidato. Akun menyebutkan, pria di video adalah Perdana Menteri (PM) Gujarat, India, Vijay Rupani.

Pada narasi video yang diunggah pada 16 Oktober 2021 itu, akun Tiger Mblo bilang, sang menteri tewas karena dalam pidatonya menyebut 'saya muntahkan racun melawan islam.' Dengan kata lain, Vijay menganggap Islam adalah racun.

Perdana menteri Gujarat (india) mengatakan dlm pidatonya:Saya muntahkan racun melawan Islam (jadi Islam itu dianggap racun). Seketika itu juga Alloh SWT mencabut ruhnya dlm sekejap mata. BLARRR," demikian narasi Tiger Mblo dilansir dari turnbackhoakx pada Senin, 25 Oktober.

Turnbackhoax

 

Benarkah kehebohan ini?

Pria dalam video rupanya bukan PM Gujarat, India dan tidak meninggal. Pria di video itu adalah Ketua Menteri Gujarat (CM), Vijay Rupani. Dia hanya pingsan saat berpidato dan kembali sadar beberapa menit kemudian.

Times Of India --dilansir melalui turnbackhoax--yang menerbitkan artikel berjudul “Gujarat CM Vijay Rupani collapses on stage” yang diterbitkan pada 14 Februari 2021.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa pria yang berpidato itu merupakan Ketua Menteri Gujarat (CM) Vijay Rupani. Dalam video itu, Rupani tengah berpidato di daerah Nizampura di Vadodara, India, 14 Februari 2021 lalu.

Rupani memang tampak tidak sehat saat menyampaikan pidatonya. Seorang pengawal yang berdiri di belakang Rupani tidak mencoba menahannya. Rupani kembali sadar beberapa menit kemudian.

Namun, dia tidak melanjutkan pidatonya. Dia sepertinya tidak merasa tidak nyaman saat dia menuruni tangga dan berjalan menjauh dari venue.

“Selama kampanye pemilihan di Vadodara, kepala menteri jatuh karena pusing. Namun saya hanya bertanya dia baik-baik saja sekarang. Itu mungkin terjadi karena kelelahan. Dokter sedang memeriksanya di bandara Vadodara sebelum dia berangkat ke Gandhinagar. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan seperti itu,” kata wakil CM Nitin Patel.

"Dengan demikian berita ini masuk konten yang menyesatkan," tulis turnbackhoax.