Selain Dodi Reza, Anak Alex Noerdin, OTT KPK Turut Amankan 5 Pejabat di Lingkungan Pemkab Muba
Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di di Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel).

Dodi yang juga anak dari mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin ini diduga terlibat suap pengadaan barang dan jasa infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel.

"Dalam kegiatan tersebut,Tim KPK mengamankan beberapa pihak pejabat dilingkungan Pemkab Muba," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri di Jakarta, Sabtu, 16 Oktober.

Selain Dodi, ada 5 lainnya yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Muba yang diamankan KPK.

"Informasi yang kami peroleh, tim selesai melakukan pemeriksaan beberapa pihak dimaksud di Kejaksaan Tinggi Sumsel dan akan segera dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan," tutur Ali.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat dikonfirmasi pun membenarkan OTT ini. Meski demikian, Ghufron belum dapat menyampaikan lebih jauh mengenai pihak-pihak yang diamankan dan barang bukti yang disita. Tim satgas saat ini masih bekerja di lapangan untuk mengusut kasus ini.

"Semua masih Alan didalami keterlibatannya tidak menutup kemungkinan akan berkembang. Mohon bersabar terlebih dahulu. Kami masih bekerja," kata Ghufron.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diringkus. Pada saatnya, KPK akan menyampaikan lebih rinci mengenai OTT ini. "Segera akan kami jelaskan lebih detail setelah penyelidikan," kata Ghufron.

Berdasarkan informasi, dalam OTT kali ini, KPK mengamankan Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin yang juga anak dari mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Dodi dikabarkan diamankan bersama sejumlah pihak lainnya, termasuk pejabat di lingkungan Pemkab Musi Banyuasin.

Para pihak itu diringkus lantaran diduga terlibat dalam transaksi suap. Bahkan, tim Satgas dikabarkan telah bergerak cepat memasang garis KPK di sejumlah ruangan di Kantor Dinas PUPR Musi Banyuasin.

Belum diketahui secara pasti tindak pidana yang diduga dilakukan Dodi hingga diringkus dan barang bukti yang disita tim Satgas KPK.

Dodi Reza Alex Noerdin merupakan anak sulung Alex Noerdin. Alex yang juga mantan Bupati Musi Banyuasin dua periode saat ini ditahan Kejaksaan Agung di Rutan Salemba atas dua kasus korupsi.

Kedua kasus korupsi yang menjerat Alex, yakni dugaan korupsi dana hibah dari dana APBD Provinsi Sumatera Selatan tahun 2015 dan tahun 2017 kepada Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya Palembang terkait pembangunan Masjid Sriwijaya Palembang serta kasus dugaan korupsi dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan tahun 2010-2019.