KPK Dalami Dugaan Korupsi Kerja Sama PT Antam dan PT Loco Montrado, Kasus di Tahap Penyidikan
Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut dugaan korupsi terkait kerja sama antara PT Aneka Tambang (Antam) dengan PT Loco Montrado terkait pengelolaan anoda logam pada 2017. Pengusutan ini masuk di tahap penyidikan.

"Saat ini, KPK sedang melakukan penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi terkait kerja sama pengolahan anoda logam antara PT AT Tbk (Aneka Tambang) dengan PT LM (Loco Montrado) Tahun 2017," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri kepada wartawan, Rabu, 13 Oktober.

Hanya saja, komisi antirasuah belum bisa memaparkan secara lengkap konstruksi dugaan korupsi tersebut termasuk para tersangka.

"Hal ini akan kami sampaikan secara rinci ketika dilakukan upaya paksa penangkapan maupun penahanan para tersangka," tegas Ali.

Meski begitu, Ali mengatakan KPK saat ini tengah melengkapi dan mengumpulkan barang bukti yang diperlukan. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan penyidik memeriksa sejumlah saksi dan melakukan penggeledahan di sejumlah tempat di Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat.

"KPK berharap selama proses penyidikan perkara ini berlangsung, masyarakat turut serta memantau dan mengawasinya,"

"Kami pun akan selalu menyampaikan setiap perkembangannya kepada publik sebagai wujud transparansi kinerja KPK," demikian Ali.