Turap Saluran Air di Kwitang Longsor Imbas Pencurian Kabel Fiber Optik
Petugas saluran memperbaiki saluran bawah tanah/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Turap saluran air di Jalan Kramat Kwitang, Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat ditemukan rusak akibat aksi pencurian kabel bawah tanah.

"Laporan dari petugas lapangan, trotoar amblas ini karena saluran air dibawah turapnya sudah hancur. Akibat ada penggalian oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian kabel," kata Kasi Pemeliharaan Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat, Achmad Daeroby dihubungi wartawan, Rabu 13 Oktober.

Petugas saluran air memperbaiki turap yang amblas/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Daeroby mengaku, saluran dibawah trotoar itu memang banyak kabel utilitas. Ia pun akan memperbaiki kembali saluran tersebut dengan pemasangan u-Ditch.

Temuan saluran longsor ini bermula dari adanya laporan warga yang meminta perbaikan saluran. Pengecekan ini juga dilakukan dari pihak Sudin SDA dan Sudin Bina Marga. Karena kondisi saluran air yang turapnya hancur maka Sudin SDA yang menyelesaikannya.

Petugas saluran air memperbaiki turap yang amblas/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

"Untuk pengerjaan kita mengerahkan 20 orang dengan dibantu satu eskavator untuk mengangkat u-Ditch sehingga mempercepat pekerjaan. Saat ini progress pemasangan sudah capai 40 persen," ucapnya.

Ia menambahkan, rencana perbaikan saluran yang panjang 12 meter ini akan dipasang dengan u-ditch ukuran panjang 80 sentimeter, lebar 60 sentimeter, dan tinggi 120 sentimeter. Saluran ini juga akan ditinggikan sekitar 1,15 meter.