Apa Itu Kabel Fiber Optik? Inilah Fungsi dan Kelebihannya
Ilustrasi kabel fiber optik (Unsplash/Randall Bruder)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kabel fiber optik merupakan istilah yang kerap muncul ketika membicarakan teknologi komputer dan telekomunikasi. Kabel fiber optik termasuk salah satu komponen penting dalam jaringan komputer. 

Kabel fiber optik digunakan untuk transmisi data pada jaringan komputer. Kabel fiber optik dan kabel listrik secara umum memiliki kegunaan yang sama sebagai media penghantar. Perbedaan keduanya terletak pada objek yang dihantarkan. Jika kabel listrik berperan menyalurkan listrik, sedangkan fiber optik mentransfer sinyal data.

 

Apa Itu Kabel Fiber Optik?

Fiber optik adalah filamen atau materi yang berbahan material plastik atau kaca dengan ukuran sangat halus. Ukuran kabel ini sangat kecil dengan diameter sebesar 120 mikromiter. Kabel ini digunakan untuk menyalurkan lebih banyak sinyal dalam bentuk pulsa cahaya.

Cara kerja fiber optik hampir mirip kabel tembaga Kabel tembaga bisa mentransfer tranmisi sinyak berupa pulas elektrik. Namun kemampuan tranmisi kabel tembaha terbatas dalam jarak tempuh, kualitas, dan jumlahnya. Sedangkan fiber optik mampu menghantarkan sinyal sejauh lebih dari 50 kilometer tanpa perlu support dari repeater atau penguat sinyal.

Kabel fiber optik digunakan sebagai penghubung dan transmisi data antar komputer. Terdapat dua mode dalam transmisi fiber optik, yaitu single mode dan juga multimode. Media penghantar yang digunakan oleh kedua mode ini berbeda. 

Transmisi single mode memanfaatkan sinar laser untuk media penghantarnya. Sementara multimode memakai LED sebagai media penghantarnya. Kabel fiber optik umumnya diaplikasikan pada jaringan komputer kelas menengah dan kelas atas. Fiber optik memiliki kecepatan akses yang tinggi untuk menyalurkan data. 

Fungsi Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik berfungsi sebagai media penghubung jaringan komputer. Kabel ini memiliki daya transfer data yang cepat dengan memakai metode pembiasan cahaya. Fiber optik bekerja dengan cara mengubah data analog yang diterima menjadi biner dengan bantuan sinyal cahaya. 

Fiber optik digunakan untuk menghubunkan komputer satu dengan komputer lainnya dengan kecepatan akses yang tinggi dan transfer data secara cepat. Kecepatan transmisi data fiber optik sendiri mencapai kisaran Gigabt per detiknya. Kabel ini dapat melakukan proses transfer secara stabil dan tidak terpengaruh gangguan elektromagnetik karena tidak memuat unsur listrik. 

Kelebihan Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik banyak digunakan karena memiliki kelebihan dibanding tipe kabel lainnya dalam instalasi jaringan komputer. Berikut beberapa kelebihan dari kabel fiber optik.

Jangkauan Transmisi yang jauh

Salah satu kelebihan kabel fiber optik adalah daya jangkau dalam transmisinya. Sinyal pada kabel ini bisa mencapai jarak yang lebih jauh dibanding tipe kabel lainnya. Kemampuan hantar sinyal fiber optik dapat menjangkau jarak lebih dari 50 kilometer. Dengan ini anda melakukan koneksi lebih luas dengan biaya yang lebih hemat. 

Memiliki Kapasitas yang Besar

Kebelihan lain dari fiber optik adalah pada pada kapasitas transfer datanya. Kabel fiber optik mampu mentransmisi data berukuran besar. Selain itu proses pengiriman datanya pun sangat cepat yakni kisaran Gigabyte per detiknya. Karena kapasitasnya yang besar, kabel tipe ini banyak digunakan oleh perusahaan besar internet dan telepon yang membutuhkan bandwith tinggi.

Bebas dari Gangguan Elektromagnetik

Fiber optik tidak memuat arus listrik dalam proses tranmisinya. Oleh karena itu kabel ini terhindar dari gangguan elektromagnetik dan sinyal radio. Kabel ini juga terbebas dari konsleting yang biasa terjadi pada kabel listrik. Selain itu, banyak perusahaan-perusahaan besar menggunakan kabel fiber optik karena memiliki ketahanan yang tinggi. 

Ukurannya yang Ramping

Kabel fiber optik memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan lebih kecil dari satu helai rambut. Bentuk fisik yang kecil ini menjadi kelebihan fiber optik karena bisa menghemat penggunaan ruang.

Minim Risiko Kehilangan Data

Kebelihan lain dari fiber optik adalah minim risiko kehilangan data. Dengan tingkat kehilangan data yang minim, penggunanya tidak perlu khawatir soal validitas data.

Itulah fungsi dan kelebihan kabel fiber optik yang digunakan sebagai media transmisi data. Banyaknya kelebihan fiber optik juga sebanding dengan harganya yang tinggi atau mahal. Maka dari itu kabel fiber optik hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan berbagai fiturnya tadi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait