Yogyakarta Tata Kabel Fiber Optik di Sepanjang Jalan Malioboro Agar Tak Ada Lagi yang Melintang
ILUSTRASI/Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (16/10/2022) malam. ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya mewujudkan estetika kota, khususnya di kawasan wisata Malioboro, dengan melakukan penataan kabel fiber optik sehingga nantinya tidak ada lagi kabel yang melintang di udara.

“Melalui penataan ini, kami ingin memastikan bahwa jaringan kabel telekomunikasi, fiber optik, di sepanjang Jalan Malioboro menjadi lebih rapi dan semakin tertata,” kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya dilansir ANTARA, Kamis, 27 Oktober.

Dengan demikian, lanjut dia, kawasan Malioboro akan menjadi semakin rapi dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan karena tidak ada lagi kabel yang melintang dan terlihat semrawut.

“Artinya, wajah Malioboro akan semakin cantik,” kata Aman yang berharap proses penataan kabel fiber optik dapat diselesaikan sebelum libur akhir tahun.

Penataan kabel fiber optik dilakukan dengan menggunakan tray yaitu memasukkan kabel ke tempat khusus sehingga kabel tidak lagi terlihat. Penataan dilakukan di sisi timur maupun barat di sepanjang Jalan Malioboro.

Pemerintah Kota Yogyakarta melibatkan provider telekomunikasi untuk melakukan penataan, salah satunya PT Telkom yang memiliki cukup banyak kabel fiber optik di sepanjang Jalan Malioboro.

“Pekerjaan penataan sudah dilakukan sejak dua bulan terakhir dan saat ini sudah bisa kami selesaikan untuk sisi barat Jalan Malioboro. Pekerjaan di sisi timur ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan,” kata GM PT Telkom Witel Yogyakarta Agus Faisal.

Menurut dia, pekerjaan tersebut memakan waktu cukup lama karena membutuhkan koordinasi dari berbagai pihak termasuk provider telekomunikasi lain yang juga memiliki jaringan kabel di Malioboro.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastono mengatakan, penataan kabel fiber optik ditujukan untuk meningkatkan estetika kawasan Malioboro.

“Setelah kabel fiber optik ini ditata, maka kawasan Malioboro akan semakin rapi dan nyaman,” katanya.

Selain di sepanjang Jalan Malioboro, penataan kabel fiber optik juga dilakukan di Jalan Senopati bersamaan dengan revitalisasi pedestrian. Penataan dilakukan dengan sistem ducting sehingga nantinya tidak ada lagi kabel udara yang melintas di sepanjang jalan tersebut.