DKI Lanjutkan PTM Tahap 3, Total 3.039 Sekolah Gelar Belajar Tatap Muka
IlUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI kembali menambah jumlah sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Saat ini, sekolah yang mengikuti PTM sebanyak 3.039 satuan pendidikan.

"Ada penambahan ribuan sekolah pada PTM tahap 3. Ini sudah dimulai sejak tanggal 4 Oktober 2021," kata Kepala Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Taga Radja Gah kepada wartawan, Jumat, 8 Oktober.

Rinciannya, ada penambahan sekolah tatap muka sebanyak 269 PAUD, 589 SD, 204 SMP, 117 SMA, 121 SMK, 16 SLB, 8 PKBM, 1 LKP, 101 RA, 55 MI, 39 MTs, dan 10 MA.

Sebelumnya, sudah ada 610 sekolah yang menggelar PTM terbatas pada tahap 1 sejak 30 Agustus 2021. Lalu, ada tambahan 899 sekolah pada PTM terbatas tahap 1 mulai 27 September.

Pada pelaksanaan PTM terbatas selama ini, Dinas Pendidikan DKI menemukan masalah pada 7 sekolah. Sebanyak 6 sekolah ditemukan kasus positif dan 1 sekolah diketahui melanggar protokol kesehatan.

"Dari temuan tersebut, maka dilakukan penutupan pada satuan pendidikan tersebut dan dilakukan tracing serta pembinaan sekolah," ungkap Taga.

Saat ini, 7 sekolah tersebut sudah kembali menggelar PTM. Lalu, ada satu sekolah yakni TK Ismile mengundurkan diri dari PTM karena sewa gedung tidak diperpanjang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberi pesan semua warga sekolah yang menggelar PTM terbatas harus selalu mengikuti protokol kesehatan, baik di sekolah maupun dalam perjalanan menuju sekolah. Riza tak mau ada lagi temuan kasus COVID-19 di sekolah.

"Kita belajar dari 7 kasus sekolah sebelumnya, itu lebih banyak ternyata terpaparnya bukan di sekolah. Untuk itu, kami sampaikan kepada kita semua khusus para orang tua di rumah untuk memastikan anak-anak kita terjaga dan terbebas dari COVID-19 di rumah, lingkungan dan perjalanan," kata Riza.