Lantik Wakil Wali Kota Binjai, Gubsu Edy: Jangan Sok Pintar, Tahu Diri
Rizky Yunanda Sitepu resmi dilantik sebagai Wakil Wali Kota Binjai periode 2021-2024 oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi./FOTO VIA Pemprovsu

Bagikan:

MEDAN - Rizky Yunanda Sitepu resmi dilantik sebagai Wakil Wali Kota Binjai periode 2021-2024 oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi.

Rizky Yunanda awalnya dijadwalkan dilantik pada Senin, 4 Oktober lalu. Namun, terpaksa ditunda lantaran kondisi kesehatan Gubsu Edy yang kurang baik.

Dalam sambutannya, Gubsu Edy mengatakan wali kota dan wakilnya sebagai kepala dan leher. 

"Wakil kalau saya ibaratkan dia itu leher. Sedangkan kepala itu miliknya orang nomor satu," kata Gubsu Edy, Rabu, 6 Oktober.

Mantan Pangkostrad itu menjelaskan, kepala dan leher harus bisa bekerja sama dengan baik. Gubsu Edy mengistilahkan mulut yang ada di kepala memang bisa merasakan buah durian mana yang manis atau pahit. Tetapi, kepala ini juga harus tahu diri. 

"Kalau lupa dia menelan ikan yang ada tulangnya, menusuk dia di leher, yang sakit juga kepala," ungkap Gubsu Edy.

Dia juga meminta wakil untuk tahu diri atau posisinya sebagai wakil. "Kalau pintar, jangan sok pintar," tegas Gubsu Edy.

Gubsu Edy bercerita soal kepala dan leher itu agar wali kota dan wakilnya bisa lebih harmonis dalam menjalankan pemerintahan.

Sebab, pengalaman yang dia jumpai selama ini, hubungan antara wali kota atau bupati dengan wakilnya, berjalan harmonis hanya tiga bulan, selebihnya terjadi keributan antara mereka.

Kondisi ini dikhawatirkan akan menghambat pembangunan di daerah. Dia ingin, setiap kepala daerah bisa menjalin komunikasi dengan baik. Jika ada masalah, segera diselesaikan bersama, bukan bergerak sendiri-sendiri.

Gubsu Edy juga mengingatkan kepada keduanya, tentang kemungkinan adanya pihak-pihak yang akan mengadu domba. Untuk itu, keduanya jangan terpancing oleh hal tersebut. Jika tidak, maka nanti semuanya akan terkotak-kotak.

"Inti yang saya katakan adalah kesetiaan. Anda disumpah. Jadi saling menjaga. Harmonis adalah satu-satunya jalan untuk keberkahan Tuhan agar kalian bisa membangun Kota Binjai dengan baik," pungkas Gubsu Edy.

Karena itu, Forkopimda Kota Binjai diharapkan ikut berperan menjaga keduanya agar tetap akur dan harmonis. 

"Saya titip keduanya, pastikan keharmonisan mereka, karena pembangunan di Kota Binjai ada di tangan mereka berdua," pesan Gubsu Edy.

Wakil Wali Kota Binjai, Rizky Yunanda Sitepu memastikan tidak akan pecah kongsi dengan wali kota. Ia mengaku bahwa ayahnya memintanya agar jangan pernah mendahului pimpinannya yaitu Wali Kota Binjai.

"Ajaran beliau, membimbing saya jangan terlalu mendahului yang namanya kepala, itu arahan dari orang tua saya, mudah-mudahan kami tidak pernah ada masalah, pecah kongsi, tidak pernah mudah-mudahan," kata Rizky.

Rizky merupakan anak dari mantan Bupati Langkat dua periode, Ngogesa Sitepu. Dia berhasil duduk sebagai orang nomor dua di Kota Binjai setelah menang pada pemilihan Wakil Wali Kota Binjai di DPRD Binjai.

Pemilihan tersebut dilandasi karena Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi, meninggal dunia akibat terpapar COVID-19. Posisi Juliadi kemudian diganti oleh wakilnya, Amir Hamzah.