Sis Viani Sebut Dirinya dari Fraksi Rakyat DKI Usai 'Ditendang', Begini Tanggapan PSI
Viani Limardi/Foto Instagram ms.tionghoa

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagoes Oka buka suara atas pernyataan Anggota DPRD DKI Viani Limardi yang menyebut dirinya berasal dari fraksi rakyat DKI Jakarta.

PSI telah memecat Viani dari keanggotaan partainya. Namun, Viani masih berstatus Anggota DPRD DKI karena surat pemecatan belum dilayangkan ke Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi.

Isyana tak mengomentari layak atau tidaknya pernyataan Viani. Namun, ia menegaskan, Viani sudah tak bisa mewakili Fraksi PSI di DPRD DKI.

"Saya hanya bisa sampaikan bahwa saat ini Sis Viani sudah bukan lagi anggota dari PSI. Sehingga, kalau untuk Anggota DPRD sendiri kan sebetulnya mewakili partai. Saat ini Sis Viani sudah bukan anggota dari PSI, jadi tak bisa mewakili Fraksi PSI lagi," kata Isyana saat dihubungi, Rabu, 6 Oktober.

Isyana menjelaskan alasan PSI masih belum mengirimkan surat pemberitahuan pemecatan Viani. Kata dia, saat ini masih menunggu tanda tangan Ketua Umum PSI Grace Natalie dan Sejken PSI Raja Juli Antoni.

"Ada beberapa hal internal yang lagi kita urus. Kita prosesnya menunggu tanda tangan Ketua Umum dan Sekjen PSI," ujar dia.

Isyana menegaskan bahwa proses administrasi untuk mempersiapkan pergantian antarwaktu Anggota DPRD dari suatu partai memang membutuhkan waktu. Namun, ia menegaskan tak ada masalah berarti.

"Prosesnya memang panjang, enggak mungkin seperti membalikkan telapak tangan. Sebenernya enggak ada masalah. Enggak ada pertimbangan apa apa. Kita cuma ingin membuat agar wording pada suratnya tepat dan sesuai hukum yang berlaku," jelas dia.

Sebelumnya, Viani Limardi menghadiri rapat Komisi D DPRD DKI Jakarta pada hari ini, setelah dipecat oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) beberapa waktu lalu.

Entah serius atau sekadar berkelakar, Viani memperkenalkan dirinya sebagai anggota fraksi rakyat DKI Jakarta saat memberi tanggapan di dalam rapat antara DPRD bersama Pemprov DKI tersebut.

"Halo selamat sore bapak-ibu, saya Viani dari fraksi rakyat DKI Jakarta," kata Viani di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Oktober.

Sontak, ucapan Viani langsung disambut gelak tawa oleh anggota DPRD lain. Viani lalu melanjutkan tanggapannya terkait upaya pengendalian banjir oleh Pemprov DKI.