Temukan Pelanggaran Prokes Saat PTM, Satpo PP Surakarta Perketat Pengawasan di Sekolah
Kepala Satpol PP Kota Surakarta Arif Darmawan (ANTARA)

Bagikan:

SOLO - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kota Surakarta, Jawa Tengah, akan memperketat pengawasan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

"Pengawasan PTM lebih diperketat, karena ternyata masih ada beberapa pelanggaran," kata Kepala Satpol PP Kota Surakarta Arif Darmawan di Solo, Antara, Senin, 4 Oktober. 

Salah satu pelanggaran yang ditemui adalah pengantaran siswa tidak mengenakan masker. Terkait hal tersebut, pihaknya akan memberikan sanksi sosial.

"Mengenai pengawasan, kami akan menempatkan linmas, tim cipta kondisi akan mobile. Jadi nanti satu hari di sini, selanjutnya di sana," katanya.

Ia mengatakan pengetatan pengawasan PTM diperlukan karena sekolah di Kota Solo, mulai dari SD, SMP, dan SMA sudah menerapkan PTM.

"Khususnya sekolah negeri, kalau swasta masih ada beberapa yang belum. Pengawasan ini untuk memastikan mereka (siswa) yang mengantar siapa, masker bagaimana, dan yang SD jajannya bagaimana," katanya.

Ia mengatakan untuk aktivitas jajan siswa usai sekolah dengan melibatkan pedagang kaki lima tersebut menjadi salah satu fokus pengawasan.

"Kalau jajan ya biar orang tuanya saja, tidak pas pulang terus jajan berkerumun. Yang tidak pakai masker akan kami berikan sanksi sosial, kan surat edaran (SE) tidak mengatur (penerapan sanksi sosial) sekolah atau tidak. Ketika ada pelanggaran prokes kami akan memberikan sanksi sosial," katanya.