Tiba di Mimika, Ganjar Pranowo Malah Disambut Tarian Kuda Lumping
Foto Ganjar Pranowo tiba di Mimika (Humas Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Bandara Mozes Kilangin Mimika Papua mendadak ramai dipenuhi ratusan orang. Bukan hanya warga asli Papua, namun ratusan perantauan termasuk dari Jawa datang berbondong-bondong ke sana.

Mereka menanti kedatangan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Ganjar yang datang ke Papua untuk menyemangati atlet-atlet Jateng di PON Papua, terbang dari Jayapura ke Mimika untuk menyemangati sejumlah atlet yang berlaga di sana.

Turun dari pesawat sekitar pukul 11.45 WIT, Ganjar disambut Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, dan beberapa jajaran pejabat saja. Ganjar langsung dikalungi Noken dan disematkan topi khas Papua.

Suasana berubah ketika Ganjar keluar dari dalam terminal bandara. Di sana, ratusan masyarakat sudah berdesakan di pintu keluar sambil berteriak-teriak memanggil namanya.

"Saya dari Solo pak, saya Pati pak, nyong Banyumas pak,” teriak sejumlah warga, Senin 4 Oktober.

Uniknya, bukan tarian khas Papua yang menyambut kedatangan Ganjar di Bandara Mimika itu. Justru, tarian yang digunakan untuk menyambut Ganjar adalah kuda lumping dan Kethek Ogleng asal Banyumas Jateng. Dua penari berpakaian seperti kera putih menari-nari di depan rombongan, diiringi alunan musik gamelan dengan lucunya.

“Kami dari Banyumas Pak, ini kesenian asli Banyumas. Selamat datang Pak, kami wargamu Pak,” teriak mereka.

Ganjar dengan ramah melayani masyarakat yang ingin tos dengannya. Beberapa kali, Ganjar juga berhenti sejenak untuk melayani masyarakat untuk swafoto. Perjalanan dari pintu ke luar sampai ke parkiran memakan waktu cukup lama, karena saking antusiasnya masyarakat saat menyambutnya.

“Sehat-sehat ya semua. Jaga kesehatan,” kata Ganjar menyapa ratusan masyarakat itu.

Di Mimika, Ganjar rencananya menyemangati sejumlah cabang olahraga yang dilombakan di sana selama dua hari. Ada banyak cabang olahraga yang ditandingkan di Mimika. Di antaranya panjat tebing, atletik, basket, terbang layang, judo, tarung drajat, aeromodeling, dan beberapa cabor lainnya. Sejumlah atlet Jateng disebut berpotensi meraih medali emas dalam cabang-cabang olahraga yang digelar di tempat itu.

Foto Humas Jateng