Dari Workshop PAN di Nusa Dua Bali, Terdengar Teriakan ‘Anies 2024’
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri workshop PAN di Nusa Dua Bali (Dafi/VOI)

Bagikan:

BADUNG - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri worskhop nasional Partai Amanat Nasional (PAN) di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. 

Di gelaran acara PAN, sempat terdengar teriakan ‘Anies 2024’ dari kader PAN. Anies memang diundang untuk menjadi salah satu narasumber workshop PAN. 

"Saya mendapatkan undangan untuk berbicara di dalam workshop nasional ini. Nanti di sesi pagi ini," kata Anies di Nusa Dua, Bali, Senin, 4 Oktober. Tapi Anies tidak berkomentar saat ditanya teriakan ‘Anies 2024’.

Ketum PAN Zulkifli Hasan saat ditanya soal kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Bali, Zulkifli mengatakan Anies memang menjadi narasumber. PAN juga mengundang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

"Nanti bintek (bimbingan teknis). Jadi, Gubernur Jawa yang kita dukung, iya kita undang. Cuman, Bapak Ganjar nampaknya berhalangan, yang hadir Bapak Anis, Ibu Khofifah, Bapak Ridwal Kamil besok akan datang juga, Menteri BUMN akan datang," ujar Zulkifli.

Survei Terakhir Anies Masih Kalah dari Prabowo

Lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei dan melakukan pemetaan terhadap potensi Pilpres 2024 mendatang.

Dari hasil survei SPIN, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih lebih unggul dibanding tokoh-tokoh yang diperkirakan maju dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti.

"Prabowo Subianto kembali juara dengan perolehan elektabilitas sebesar 21,9 persen, disusul berturut-turut oleh Anies Baswedan 16,1 persen, Ganjar Pranowo 15,6 persen, AHY 8,7 persen," ujar Direktur SPIN Igor Dirgantara saat merilis hasil survei secara daring, Rabu, 8 September.

Selain tingkat elektabilitas, sosok Ketua Umum Partai Gerindra itu juga lebih banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal ini jika dilihat dari sisi popularitas nama-nama tokoh yang mungkin maju dalam Pilpres 2024.

"Prabowo Subianto masih memiliki tingkat kesukaan yang paling tinggi dibanding calon lainnya. Ada sebesar 76,6 persen responden yang suka," kata Igor.

Igor menilai, tidak mengherankan bila Elektabilitas Prabowo Subianto berada diposisi puncak dengan perolehan sebesar 21,9 persen. Sebab, hal ini terjadi karena ada peristiwa yang diketahui publik terkait aktivitas-aktivitas publiknya yang tersebar luas dan sangat mudah diakses. 

"Publik melihat tindakan dan sikap Prabowo yang konsisten terhadap isu-isu yang diangkatnya pada saat kampanye sebelum menjadi menteri pertahanan sekarang," jelasnya.