Anies Baswedan Tak ke Papua saat Pembukaan PON, Ini Kata Anak Buah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Kemarin, sejumlah kepala daerah menyempatkan diri ke Papua untuk memberi dukungan kepada para atlet daerahnya yang bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

Mereka di antaranya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Di hari yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga pergi ke luar kota, namun bukan ke Papua untuk memberi semangat para atletnya. Anies kemarin berkunjung ke Bali untuk menghadiri worskhop nasional Partai Amanat Nasional (PAN).

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH dan KLN) DKI Jakarta, Muhammad Mawardi menyatakan bahwa jadwal Anies sejauh ini hanya berkunjung ke Bali pada Senin, 4 Oktober kemarin.

"Pada jadwal yang tertera di kami, Pak Gubernur hanya sehari di Bali dan malamnya langsung ke Jakarta," kata Mawardi saat dikonfirmasi, Selasa, 5 Oktober.

Mawardi menjelaskan bahwa Anies belum memiliki jadwal untuk berkunjung ke Papua menemui atlet DKI yang berlaga pada gelaran PON.

Sebab, sudah ada perwakilan Pemprov DKI yang mendampingi para atlet di sana, yakni Plt. Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekretaris Daerah DKI Jakarta Uus Kuswanto.

"Di jadwal belum ada (Anies ke Papua). Kan di sana sudah diwakilkan Askesra ya. Nanti mungkin laporan dari Pak Askesra seperti apa," tutur Mawardi.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri worskhop nasional Partai Amanat Nasional (PAN) di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

"Saya mendapatkan undangan untuk berbicara di dalam workshop nasional ini. Nanti di sesi pagi ini," kata Anies di Nusa Dua, Bali, Senin, 4 Oktober.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjelaskan soal kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Bali, Zulkifli mengatakan Anies memang menjadi narasumber.

Kata Zulkifli, PAN juga mengundang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Jadi, Gubernur Jawa yang kita dukung, iya kita undang. Cuman, Bapak Ganjar nampaknya berhalangan, yang hadir Bapak Anis, Ibu Khofifah, Bapak Ridwal Kamil besok akan datang juga, Menteri BUMN akan datang," ujar Zulkifli.