Thailand Buka Kembali Phuket untuk Wisatawan yang Telah Divaksinasi COVID-19, Turis Indonesia Bisa Datang
Ilustrasi wisatawan di Phuket, Thailand. (Wikimedia Commons/Michelle Maria)

Bagikan:

JAKARTA - Wisatawan yang telah menerima vaksin COVID-19 dosis penuh dari negara mana pun, sekarang dapat memesan liburan ke destinasi wisata Phuket, sebut Pemerintah Thailand yang juga tengah menyesuaikan skema perjalanan bebas karantina.

Industri pariwisata Thailand telah bertekuk lutut akibat pandemi virus corona serta pembatasan, memangkas jumlah wisatawan dari 40 juta pada 2019 menjadi hanya sedikit selama dua tahun terakhir.

Sebelum pandemi COVID-19, sektor ini merupakan seperlima dari pendapatan nasional Thailand, dan pembatasan perjalanan telah dimasukkan ke dalam kinerja ekonomi terburuk negara itu dalam lebih dari dua dekade.

Kerajaan meluncurkan skema "kotak pasir" pada bulan Juli, yang memungkinkan pelancong yang divaksinasi penuh dari negara-negara yang dianggap berisiko rendah hingga menengah, untuk beraktivitas di pulau yang populer selama dua minggu, dan kemudian setelah itu melakukan perjalanan ke daratan tanpa karantina.

Pekan lalu, pihak berwenang memotong masa tinggal yang diperlukan menjadi seminggu, sejalan dengan perubahan nasional pada aturan karantina.

Otoritas Pariwisata Thailand mengumumkan Jumat 1 Oktober lalu mengumumkan, skema tersebut telah diperluas dan kini mencakup sekitar 80 negara yang sudah memenuhi syarat.

"Ini berarti Thailand sekarang menyambut wisatawan dari negara mana pun di dunia ke program sandbox," katanya dalam sebuah pernyataan, mengutip CNA 2 Oktober.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tanee Sangrat mengatakan, anak-anak yang tidak divaksinasi akan dapat bepergian dengan orang tua mereka yang divaksinasi.

Program sandbox telah memikat lebih dari 38.000 pengunjung ke pasir putih Phuket, dan menghasilkan pendapatn sekitar 66,67 juta dolar Amerika Serikat.

Tetapi, operator pariwisata tidak menanggapi kebangkitan ekonomi pulau itu, di mana 90 persen hotel telah ditutup. Mereka telah memohon kepada pemerintah untuk menyederhanakan persyaratan masuk untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Perubahan tersebut akan memungkinkan orang Indonesia dan Malaysia yang sebelumnya dikecualikan untuk melakukan perjalanan ke Phuket.

Sebelum pandemi, Malaysia adalah sumber turis terbesar kedua di Thailand, dengan lebih dari empat juta pelancong berkunjung pada 2019.

Selain Phuket, pihak berwenang Thailand berharap untuk membuka kembali lima tujuan lainnya, termasuk ibu kota Bangkok, menggunakan model kotak pasir mulai awal November, diikuti oleh 20 lokasi lagi pada Desember setelah tingkat vaksinasi meningkat.