Presiden Jokowi Tunjuk Erick Thohir Pimpin Satgas Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Kemenko Perekonomian)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk satuan tugas (satgas) atau gugus tugas untuk pemulihan ekonomi nasional dan penanganan COVID-19. Jokowi memilih Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pimpinan satgas ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Senin 20 Juli mengatakan, pembentukan tim ini ditetapkan dengan ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP) tentang penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Komite ini bertugas mengkoordinir kebijakan terkait penanganan Covid-19.

"Presiden memberi tugas kepada komite kebijakan dan di situ dibuat satu tim untuk mengendalikan terkait dengan penanganan pemulihan ekonomi dan penanganan dampak COVID-19," ujar Airlangga.

Ia menjelaskan, dirinya selaku Menko perekonomian akan menjadi ketua dalam tim kebijakan tersebut. Tim juga menyertakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Selain itu ada pula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Nantinya selain Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang ada saat ini, akan dibuat pula satuan tugas untuk pemulihan ekonomi.

Erick Thoir selaku Menteir BUMN akan menjadi pelaksana dalam mengoordinasikan kedua satuan tugas tersebut. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 masih diketuai oleh Kepala BNPB Doni Monardo.

"Ketua satgas COVID-19 tetap dipegang Pak Doni Monardo, dan Satgas perekonomian Pak Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin," jelas Airlangga.

Alasan dibentuknya satuan tugas terkait pemulihan ekonomi adalah lamanya kemungkinan pandemi COVID-19 akan berakhir. Oleh karena itu, tim bertugas merencanakan dan mengeksekusi program agar penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi berjalan beriringan.