Pemerintah Tunjuk Wiku Adisasmito Jadi Jubir COVID-19 Gantikan Yuri
Juru bicara pemerintah dalam penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (Foto: dokumentasi BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Tim Pemulihan Ekonomi Airlangga Hartarto mengumumkan, juru bicara pemerintah dalam penanganan COVID-19 saat ini adalah Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. Wiku menggantikan posisi Achmad Yurianto (Yuri) yang sudah bertugas sejak 3 Maret.

Selanjutnya, Airlangga mengumumkan, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin akan menjadi juru bicara Satgas ekonomi. Tugasnya akan berbeda dengan Wiku, Budi mengurusi informasi terkait ekonomi.

"Nanti ada tambahan, jubir pemerintah di sini adalah ditunjuk Prof. Wiku dari BNPB dan Pak Budi Gunadi Sadikin khusus untuk satgas ekonomi," tuturnya, video konferensi bersama wartawan, Selasa, 21 Juli.

Perombakan tim dalam penanganan COVID-19 ini disahkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 terkait penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang diterbitkan pada Senin, 20 Juli.

Melalui Perpres ini, fokus pemerintah terbagi menjadi penanganan COVID-19 dan ekonomi sekaligus.

Sementara itu, Ketua Satgas Percepatan penanganan COVID-19 ditempati Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo.

Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir ditunjuk sebagai ketua tim pelaksana yang bertugas mengkoordinasikan Satgas Perekonomian dan Satgas COVID-19.

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto pun membenarkan hal itu. Tugasnya, kini akan dijalankan oleh Prof Wiku dari BNPB.

"Iya benar (dilanjutkan Prof Wiku)," ucap Yuri melalui pesan singkat.