Kembar Identik Jepang Berusia 107 Tahun Diakui Sebagai yang Tertua di Dunia
Koume (kiri) dan Umeno (kanan). (Sumber: guinnessworldrecords)

Bagikan:

JAKARTA - Dua saudara perempuan Jepang berusia 107 tahun dan 300 hari telah disertifikasi sebagai kembar identik tertua di dunia dan tertua yang pernah tercatat, Guinness World Records Jepang mengatakan Senin pekan ini.

Pada 1 September, Umeno Sumiyama dan Koume Kodama telah mencatat rekor mereka, melampaui saudara kembar selebritas Jepang yang berusia seratus tahun, Kin Narita dan Gin Kanie yang memegang rekor sebelumnya yaitu 107 tahun dan 175 hari.

Mengutip Kyodo News 21 September, kedua saudara kembar ini diketahui sudah meninggal dunia. Narita meninggal dunuia pada tahun 2000, sementara kembarannya Kanie meninggal dunia pada tahun 2001.

Dikenal publik sebagai Kin-san dan Gin-san, kakak beradik ini terkenal di Jepang, telah muncul di berbagai acara televisi dan iklan.

Sumiyama dan Kodama lahir pada 5 November 1913, di Pulau Shodo, Prefektur Kagawa, anak ketiga dan keempat dari total 11 bersaudara. Mereka hidup terpisah setelah lulus dari sekolah dasar, tetapi pada usia 70-an mereka mulai berziarah ke 88 kuil di Pulau Shikoku, menurut sertifikasi.

Mereka di masa lalu bercanda tentang membidik rekor yang dibuat oleh Narita dan Kanie, menurut Guinness World Records.

"Saudara kembar ini tinggal di panti jompo yang terpisah. Sumiyama menangis saat menerima sertifikat dari staf di fasilitas tersebut, sementara Kodama, yang menderita kehilangan ingatan, mengalami kesulitan memahami penghargaan tersebut," kata siaran pers Guinness World Records.

Untuk diketahui, jumlah orang berusia 100 atau lebih di Jepang, yang memiliki salah satu populasi yang menua paling cepat di dunia, diperkirakan mencapai 86.510, kata Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan pekan lalu, membuat rekor baru untuk Negeri Sakura.