Bocah Wanita yang Hilang di Danau Galian Pasir di Tangerang, Ditemukan Sudah Tak Bernyawa
Petugas gabungan mengevakuasi korban tenggelam di danau Galian Pasir Tangerang/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Seorang anak berjenis kelamin perempuan berusia sekitar 7 tahun hilang tenggelam ketika berenang bersama dua orang temannya di tengah Danau Galian Pasir, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, Banten.

Diketahui, korban tenggelam itu berinisial AFH. Korban dinyatakan hilang tenggelam pada Selasa 28 September sekitar pukul 15.00 WIB.

Setelah mendapatkan kabar, petugas Tim SAR segera meluncur ke lokasi kejadian. Upaya pencarian AFH terus dilakukan petugas setelah korban dinyatakan hilang tenggelam.

Setelah proses pencarian dilakukan selama satu malam, jasad korban AFH akhirnya ditemukan Tim SAR gabungan dalam kondisi tak bernyawa. Korban ditemukan pada Rabu 29 September sekitar pukul 07.24 WIB.

"Pagi ini korban kita temukan dalam keadaan meninggal dunia. Korban AFH ditemukan tidak jauh dari lokasi kejadian. Jenazah korban langsung dievakuasi menuju rumah duka untuk diserahkan ke keluarga korban," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta SAR Mission Coordinator (SMC), Hendra Sudirman kepada VOI, Rabu 29 September.

Hendra mengatakan, penemuan jasad korban AFH merupakan hasil kerja keras unsur SAR gabungan dalam proses pencarian terhadap korban.

Proses pencarian itu diawali dengan briefing pembagian area pencarian dengan membagi 3 Tim SRU (Search and Rescue Unit) atau pencarian, pertolongan dan penyelamatan.

"SRU pertama melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu karet seluas kurang lebih 1.800 M2 di sekitar lokasi kejadian," ujar Hendra.

Sementara SRU kedua mencari melalui jalur darat di sekitar area danau dengan radius 250 meter dari lokasi kejadian secara visual.

"SRU ketiga melakukan pencarian dengan penyelaman apabila situasi memungkinkan dengan radius 10 meter dari lokasi kejadian," ucapnya.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan, dalam proses pencarian ini, sejumlah pihak yang tergabung dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Kemiri, Damkar Kabupaten Tangerang, Tagana Kabupaten Tangerang, BPBD Provinsi Banten, BPBD Kabupaten Tangerang, Koramil Kemiri dan Rapi Kabupaten Tangerang.

"Ada pula peran ormas Pemuda Pancasila, SAR MTA, dan masyarakat sekitar yang tergabung dalam Tim SAR gabungan pada proses pencarian," katanya.