Puluhan Ribu Tenaga Kesehatan Belum Divaksinasi COVID-19, New York Pertimbangkan Pengerahan Garda Nasional
Ilustrasi pengerahan Garda Nasional ke Washington D.C jelang pelantikan Presiden Amerika Serikat Januari lalu. (Twitter/ChiefNGB)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur New York Kathy Hochul sedang mempertimbangkan untuk mempekerjakan Garda Nasional dan pekerja medis di luar negara bagian, untuk mengisi kekurangan staf rumah sakit.

Ini lantaran puluhan ribu pekerja kesehatan akan kehilangan pekerjaan, karena gagal memenuhi target vasinasi COVID-19 yang jatuh tempo pada Senin ini waktu setempat.

Rencana tersebut akan memungkinkannya untuk menyatakan keadaan darurat, guna meningkatkan pasokan petugas kesehatan termasuk profesional berlisensi dari negara bagian dan negara lain, serta pensiunan perawat.

Hochul mengatakan, negara bagian juga sedang mempertimbangkan untuk menggunakan petugas Garda Nasional dengan pelatihan medis untuk menjaga rumah sakit dan fasilitas medis lainnya, tetap memiliki staf yang memadai. Sekitar 16 persen dari 450.000 staf rumah sakit negara bagian, atau sekitar 72.000 pekerja, belum sepenuhnya divaksinasi, kata kantor gubernur.

Rencana itu muncul di tengah perdebatab yang lebih luas antara para pemimpin negara bagian dan pemerintah federal, yang mendorong kewajiban vaksin COVID-19 untuk membantu melawan varian Delta yang sangat menular dari virus corona.

Para pekerja kesehatan menentang persyaratan vaksinasi COVID-19, dengan beberapa di anatranya keberatan dengan alasan agama. Hochul sendiri yang menghadiri kebaktian di gereja besar di New York City, meminta jemaat untuk membantu mempromosikan vaksin.

"Saya ingin Anda menjadi 'utusan' saya. Saya ingin Anda keluar dan membicarakannya dan berkata, kita saling berhutang budi," kata Hochul kepada jemaat di Pusat Kebudayaan Kristen di Brooklyn, mengutip Reuters 27 September.

"Yesus mengajari kami untuk saling mencintai dan bagaimana Anda menunjukkan cinta itu, tetapi untuk cukup peduli satu sama lain untuk mengatakan, tolong dapatkan vaksinnya karena saya mencintaimu dan saya ingin Anda hidup," sambungnya.

Pekerja kesehatan yang dipecat karena menolak untuk divaksinasi tidak akan memenuhi syarat untuk asuransi pengangguran, kecuali mereka dapat memberikan permintaan akomodasi medis yang disetujui oleh dokter, kata kantor Hochul.

Tidak segera jelas bagaimana kasus hukum yang tertunda mengenai pengecualian agama akan berlaku untuk rencana negara, untuk melanjutkan dan memberhentikan petugas kesehatan yang tidak divaksinasi.

Seorang hakim federal di Albany untuk sementara memerintahkan pejabat negara bagian New York, untuk mengizinkan pengecualian agama untuk mandat vaksin yang diberlakukan negara pada petugas kesehatan, yang diberlakukan oleh mantan Gubernur Andrew Cuomo dan mulai berlaku pada Hari Senin.

Persyaratan bagi guru dan staf sekolah Kota New York untuk mendapatkan vaksinasi diblokir sementara oleh pengadilan banding AS hanya beberapa hari sebelum diberlakukan. Sebuah sidang ditetapkan untuk hari Rabu.

Varian Delta yang sangat menular telah mendorong lonjakan kasus COVID-19 dan rawat inap di Amerika Serikat yang memuncak pada awal September dan sejak itu turun, menurut penghitungan Reuters. Kematian, indikator tertinggal, terus meningkat dengan negara yang melaporkan sekitar 2.000 nyawa hilang rata-rata sehari selama seminggu terakhir, sebagian besar di yang tidak divaksinasi.

Sementara kasus secara nasional turun sekitar 25 persen dari puncak musim gugur mereka, peningkatan infeksi baru di New York baru-baru ini turun, menurut penghitungan Reuters.

Dalam upaya untuk melindungi mereka yang paling rentan dengan lebih baik, CDC pada hari Jumat mendukung suntikan vaksin Pfizer-BioNTech, vaksin COVID-19 untuk orang Amerika berusia 65 tahun ke atas, orang dewasa dengan kondisi medis yang mendasarinya, dan orang dewasa dengan tingkat kesehatan yang tinggi. risiko kerja dan pengaturan kelembagaan.

Pada Hari Minggu, Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky menjelaskan siapa yang harus memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan booster berdasarkan pekerjaan mereka di lingkungan berisiko tinggi.

"Itu termasuk orang-orang di tempat penampungan tunawisma, orang-orang di rumah kelompok, orang-orang di penjara, tetapi juga yang penting, orang-orang kami yang bekerja dengan komunitas rentan," papar Walensky selama wawancara TV.

"Jadi petugas kesehatan kami, guru kami, pekerja bahan makanan kami, karyawan transportasi umum kami," tandasnya.

Walensky memutuskan untuk memasukkan lebih banyak orang daripada yang direkomendasikan pada Hari Kamis oleh sekelompok ahli penasihat luar untuk badan tersebut. Direktur CDC tidak berkewajiban untuk mengikuti saran dari panel.