Bakal Temui Presiden Putin dan Tambah Sistem Pertahanan Rusia, Presiden Erdogan: Tidak Ada yang Boleh Ikut Campur!
Presiden Vladimir Putin bersama Presiden Recep Tayyip Erdogan. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/The Presidential Press and Information Office)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali menegaskan, negaranya akan tetap membeli gelombang kedua sistem rudal S-400 dari Rusia, meski berisiko memperdalam keretakan dengan sekutu NATO dan bisa memicu sanksi baru Amerika Serikat.

Washington mengatakan S-400 menimbulkan ancaman bagi jet tempur F-35 dan sistem pertahanan NATO yang lebih luas. Sementara, Turki mengatakan tidak dapat memperoleh sistem pertahanan udara dari sekutu NATO mana pun dengan persyaratan yang memuaskan.

"Di masa depan, tidak ada yang bisa ikut campur dalam hal sistem pertahanan seperti apa yang kami peroleh, dari negara mana pada tingkat apa," kata Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah wawancara yang disiarkan di Face the Nation dengan Margaret Brennan di CBS News pada Hari Minggu, mengutip Reuters 27 September.

"Tidak ada yang bisa mengganggu itu. Kami adalah satu-satunya yang membuat keputusan seperti itu," tegas Presiden Erdogan.

Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi terhadap pejabat Direktorat Industri Pertahanan Turki Ismail Demir dan tiga karyawan lainnya pada Bulan Desember lalu, setelah negara itu mengakuisisi gelombang pertama S-400.

Pembicaraan berlanjut antara Rusia dan Turki tentang pengiriman gelombang kedua, yang berulang kali dikatakan Washington hampir pasti akan memicu sanksi baru.

Jika tidak ada perubahan, Presiden Erdogan akan mengunjungi Rusia minggu depan untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, membahas sejumlah masalah, termasuk kekerasan di barat laut Suriah.

Presiden Erdogan juga mengatakan, Presiden AS Joe Biden tidak pernah mengangkat masalah rekam jejak hak asasi manusia Turki, yang dipandang sangat merepotkan oleh kelompok advokasi hak internasional, membenarkan laporan Reuters dari awal September.

Ditanya apakah Presiden Biden mengangkat masalah itu selama pertemuan Juni mereka di sela-sela pertemuan puncak NATO di Brussels, Presiden Erdogan mengatakan: "Tidak, dia tidak. Dan karena kami tidak memiliki masalah seperti itu dalam hal kebebasan, Turki gratis yang tak tertandingi," katanya.

Turki adalah salah satu pemenjara jurnalis tertinggi, menurut angka dari Komite untuk Melindungi Jurnalis (CPJ), sementara Human Rights Watch (HRW) mengatakan pemerintahan otoriter Presiden Erdogan telah dikonsolidasikan dengan mengeluarkan undang-undang yang bertentangan dengan kewajiban hak asasi manusia internasional.

Sumber-sumber AS dan Turki mengatakan kepada Reuters awal bulan ini, Presiden Biden yang telah berulang kali mengatakan mempromosikan hak asasi manusia di seluruh dunia terletak di jantung kebijakan luar negerinya, tidak mengangkat masalah hak asasi manusia dalam pertemuannya dengan Erdogan. Diskusi terfokus pada pembelian S-400 Rusia oleh Afghanistan, Suriah dan Turki.

Sementara, para pejabat Turki menganggapnya sebagai sinyal bahwa Washington tidak akan memaksakan hak asasi manusia, kata sumber-sumber itu, meskipun kritik publik berulang kali dari pemerintahan Presiden Biden atas perlakuan Ankara terhadap kelompok-kelompok oposisi dan pengakuan resminya, pembunuhan orang-orang Armenia tahun 1915 oleh Kekaisaran Ottoman adalah genosida.