Wishnutama Dorong Penyelenggara Kegiatan Virtual Gaet Pekerja Seni dalam Mengemas Acara
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio (Foto: Kemenparekraf)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 membuat digitalisasi terakselerasi lebih cepat dari yang diperkirakan, di mana saat ini banyak kegiatan pertemuan yang dilakukan dengan menyertakan kegiatan secara online. Untuk itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio meminta para penyelenggara kegiatan mengeluarkan segala kreativitas mereka  dalam mengemas acara.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan art performance dari para pekerja seni dan kreatif Tanah Air. Indonesia memiliki ragam seni budaya tinggi yang dapat diaplikasikan ke berbagai bentuk, termasuk untuk dihadirkan secara daring. 

Dengan melibatkan penampilan dari para pekerja seni, tidak hanya dapat memberikan daya tarik dalam acara, namun juga memberi peluang bagi pekerja seni itu untuk berkarya di tengah pandemi. 

"Saat ini banyak webinar-webinar yang sebenarnya untuk menyikapi kegiatan offline yang sementara ini tidak bisa dilakukan akibat pandemi COVID-19," kata Wishnutama dinukil dari laman resmi Kemenparekraf. 

"Namun tantangannya adalah bagaimana bisa mengemas acara tetap menarik dan tetap dapat menarik minat banyak orang," lanjut Wishnutama. 

Salah satu pertunjukan musik virtual (Foto: kemenparekraf)

Di sisi lain, para pekerja seni juga harus dapat menunjukkan kreativitasnya dalam menciptakan karya dengan menjalankan protokol kesehatan yang baik. Sehingga mereka tetap bisa produktif dan tetap aman dari COVID-19.

"Dalam kegiatan-kegiatan webinar ini, saya berharap agar penyelenggara kegiatan juga dapat melibatkan para pekerja seni agar roda perekonomian di sektor ini dapat bergerak bertahap," pungkas mantan CEO Net TV.