Anies Baswedan Kurang Kuat, Gibran 'Jokowi' Rakabuming Dinilai Berpeluang Besar di Pilkada DKI
Kolase foto Gibran Rakabuming dan Anies Baswedan (DOK VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, menilai Gibran Rakabuming Raka berpeluang besar maju dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta.

Namun, Wali Kota Solo itu harus ekstra bekerja keras untuk meningkatkan prestasi dan track record-nya sebagai kepala daerah yang kapabel.

"Gibran cukup besar juga peluang di DKI Jakarta, tapi kita harus lihat juga kompetitornya. Misalnya melawan Anies, kemudian tokoh lain, dia harus bekerja keras dan untuk meyakinkan pemilih atau masyarakat DKI Jakarta," ujar Karyono kepada VOI, Selasa, 14 September. 

Menurutnya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memenangkan kontestasi Pilkada DKI 2024 apabila berhasil menorehkan warisan prestasi selama memimpin Kota Solo. 

Kata Karyono, Gubernur Anies Baswedan tidak cukup kuat untuk kembali maju di Pilgub DKI mendatang.

"Akan lebih mudah kalau Gibran sudah punya legacy. Sebenarnya Anies kan gak kuat-kuat banget sebagai gubernur, sehingga peluang Gibran cukup besar," katanya. 

Selain itu, sambungnya, Gibran harus punya terobosan kebijakan konkret yang bisa dilihat oleh banyak orang dan bisa dirasakan masyarakat.

"Jadi tidak sekedar mengandalkan popularitas, tetapi juga harus mengandalkan prestasi, kinerja kapasitas dan kapabilitas," demikian Karyono.