VIDEO: Indonesia Kaya Potensi Energi Hijau,  Ketua METI Surya Darma: Belum Maksimalkan
Menurut Ketua METI Surya Dharma: Energi hijau Indonesia belum dimanfaatkan dengan maksimal. (Foto Dok VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Unngkapan rasa syukur pada Yang Maha Kuasa harus terus dipanjatkan karena bumi Indonesia dikarunia dengan sumber daya alam yang melimpah. Dalam bidang energi hijau kata  Surya Darma Ketua Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI Indonesia termasuk negara yang beruntung karena memiliki potensi energi terbarukan yang lengkap, dari air, sinar matahari, geothermal, angin, ombak, dan lain sebagainya. 

Cuma, dia melanjutkan sampai saat ini pemanfaatnyanya masih belum maksimal. Energi fosil seperti minyak dan batubara masih mendominasi pembangkit tenaga listrik di bumi pertiwi masih banyak digunakan baik dalam skala besar maupun kecil.

Padahal energi hijau ini adalah masa depan. Di daerah yang ada tambang minyak, setelah eksplorasi selesai dan minyaknya habis, yang ada tinggal kemiskinan. Seharusnya pemerintah harus punya niat baik untuk mengoptimalkan potensi energi hijau ini.

Potensi ini sayang kalau tidak dimanfaatkan. Sumber energi lain seperti minyak dan batu bara hanya ada di daerah tertentu saja. Tidak semua daerah punya. “Dan energi yang bersumber dari fosil ini akan habis kalau terus dieksploitasi,” katanya.

Energi baru dan terbarukan lanjut Surya, sebenarnya bisa menjadi tumpuan untuk masa depan. Kelebihannya energi hijau ini tidak akan habis meski terus menerus dieksploitasi dan digunakan untuk kepentingan pembangkit tenaga listrik. “Pemerintah harus punya kebijakan mengoptimalkan potensi energi baru dan terbarukan ini. Saya sekali kalau potensi energi hijau ini belum dimaksimalkan,” tandas Surya Darma. Saksikan video selengkapnya.