Meningitis di Kongo Menggila Sudah Tewaskan 129 Orang, WHO Bergerak Kirim Obat dan Ahli
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wabah meningitis di Provinsi Tshopo, timur laut Republik Demokratik Kongo telah menewaskan 129 dari 267 orang yang terinfeksi sejak kasus pertama ditemukan, Juni.

Menteri Kesehatan Jean-Jacques Mbungani, dilansir dari Reuters via Antara menyebutkan, pihaknya telah melakukan investigasi pada awal Juni di dekat Panga, sekitar 270 kilometer utara Kota Kisangani.

Pasien meningitis mengalami gejala demam, sakit kepala, leher kaku, dan kesulitan berbicara.

Tes yang dilakukan oleh Institut Pasteur di Paris mendeteksi salah satu jenis bakteri yang paling umum, Neisseria meningitidis, yang berpotensi menyebabkan wabah besar, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meningitis ditularkan melalui ciuman, bersin, atau batuk pada seseorang, atau tinggal dalam jarak dekat dengan orang yang terinfeksi. Orang-orang dari segala usia dapat tertular meningitis, tetapi penyakit ini terutama menyerang bayi, anak-anak dan remaja.

"Kami bergerak cepat, mengirimkan obat-obatan dan mengerahkan para ahli untuk mendukung upaya pemerintah mengendalikan wabah dalam waktu sesingkat mungkin," kata Direktur Regional WHO Afrika Matshidiso Moeti.

Provinsi Tshopo terletak di sabuk meningitis Afrika, yang membentang di seluruh benua dari Senegal hingga Ethiopia.

Kongo telah dilanda sejumlah wabah di masa lalu, termasuk wabah pada 2009 yang menginfeksi 214 orang dan menyebabkan 15 kematian, menurut WHO.

Selain dilanda konflik bersenjata selama bertahun-tahun, korupsi, dan kekurangan dana, sistem kesehatan Kongo dalam empat tahun terakhir telah memerangi empat wabah Ebola, kolera dan campak endemik, wabah pes, dan pandemi COVID-19.