Insiden Nahas KM Simba 1: Kemudi Patah Saat Melaut di Maluku Utara, Beruntung 100 Penumpang Bisa Dievakuasi
Tim SAR gabungan bersama Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Sanana, Maluku Utara mengevakuasi penumpang (ANTARA)

Bagikan:

MALUKU - Tim SAR gabungan bersama Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Sanana, Maluku Utara (Malut) mengevakuasi 100 orang penumpang KM Simba 1 rute Sanana-Ternate.

KM Simba mengalami kecelakaan akibat patah kemudi di perairan Pulau Mangoli, Kepulauan Sula (Kepsul).

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah menjelaskan, pihaknya menerjunkan tim SAR Gabungan setelah melakukan koordinasi dengan Plt KUPP Sanana untuk membantu proses evakuasi penumpang.

Kejadian nahas itu berlangsung pada Rabu tadi sekitar pukul 01.30 WIT. Informasi dari BCC terjadi kecelakaan KM Simba 1 yang mengalami patah kemudi di Perairan Mangoli dengan 100 penumpang pada koordinat 166 Nm radian 193° dari Kantor Basarnas Ternate.

Pada pukul 01.32 WIT, Basarnas berkoordinasi dengan KUPP Sanana untuk memastikan dan meminta bantuan menghubungi agen kapal, serta berkoordinasi dengan BW LESMES untuk permintaan bantuan pertolongan terhadap KM Simba 1.

"Sekitar pukul 09.49 WIT dengan menggunakan KM Barcelona Tim SAR Gabungan bergerak menuju ke LKP untuk melakukan evakuasi penumpang Kapal KM Simba 1," jelasnya saat dihubungi, Antara, Rabu, 8 September.

Dia menambahkan dalam musibah itu seluruh penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) dilaporkan selamat.