Untung Besar Komplotan Penipuan Catut Nama Baim Wong, Paling Kecil Rp400 Ribu per Hari
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Polisi menyebut kelompok penipu yang mencatut nama Baim Wong dapat meraup keuntungan puluhan juta per harinya. Paling kecil keuntungan berkisar di angka ratusan ribu rupiah.

"Sudah lama beraksi dapat satu hari Rp400 ribu paling kecil sampai Rp10 juta per hari," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa, 7 September.

Dengan nominal itu, para pelaku ini diperkirakan telah berhasil menipu banyak orang dan mengantongi keuntungan ratusan juta.

Para tersangka tak mengenyam pendidikan yang baik. Sebab, latar belakang mereka hanya lulus sekolah dasar.

"Mereka belajar otodidak dan lulusan SD SMP," kata Yusri.

Karena itu, Yusri pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya. Semua pesan singkat yang berisi pemberitahuan memenangkan kuis hanyalah modus penipuan.

"Tolong masyarakat jangan mau percaya apabila ada sms diterima apabila menang hadiah baik itu per orangan, instansi, korporat, itu semua nggak benar," tandas Yusri.

Sebelumnya, Polisi meringkus dua komplotan penipun asal Sulawesi Selatan. Dalam aksinya, kedua komplotan ini bermodus kuis yang mencatut nama artis Baim Wong.

Dalam kelompok pertama, ada dua orang tersangka. Mereka berinisial BHU alias H dan H alias W.

Sementara untuk kelompok kedua beranggotakan delapan tersangka dengan inisial J, DA, E, AAR, MR, A, RT, dan T. Kedua kelompok ini berasal dari Sulawesi Selatan.

Saat ini, para pelaku sudah mendekam di balik jeruji besi. Mereka dipersangkakan dengan Pasal 378 KUHP dan terancam pidana 4 tahun penjara.