Menpora Ungkap Fenomena Artis Beli Klub Sepak Bola
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali bersama Raffi Ahmad (Foto: Rayki/kemenpora.go.id)

Bagikan:

JAKARTA - Fenomena baru muncul di dunia persepakbolaan Tanah Air. Sederet artis papan atas Indonesia berbondong-bondong terjun ke bisnis klub sepak bola. Mulai dari Raffi Ahmad, Kaesang Pangarep, Atta Halilintar. Terkini, ada Gading Marten yang mengakuisisi klub Liga 3 Persikota Tangerang.

Dalam beberapa waktu terakhir, beberapa artis papan atas mulai masuk ke bisnis sepak bola di Indonesia. Alasannya untuk memajukan persepakbolaan Indonesia. Namun lebih dari itu, sepertinya investasi di bidang olahraga ini cukup menjanjikan.

Lantas apa sih alasan mereka membeli klub bola?

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menilai sepak bola Indonesia mulai dipercaya kembali oleh masyarakat.

Menurutnya, hal ini tampak dari semakin banyaknya masyarakat, baik dari kalangan artis maupun pengusaha, yang ingin berinvestasi dalam klub sepak bola.

"Saya kira ada satu hal yang mendasar yang saya lihat kenapa orang seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar kemudian Gading Marten bahkan ada Sultan Kelantan mau masuk ke sepak bola kita. Setelah saya berdiskusi dengan berbagai pihak, berbagai stakeholder, ini karena sepak bola kita mulai dipercaya oleh masyarakat. Mulai ada trust dari publik kita terhadap sepak bola kita," ujar Amali dalam keterangan tertulis, Minggu, 6 Juni.

Oleh karena itu, Amali pun meminta PSSI sebagai federasi sepak bola agar dapat terus menjaga kepercayaan publik tersebut.

"Nah ini yang saya pesan kepada federasi kepada teman-teman di PSSI, ini harus dijaga, tidak boleh lagi ada perkelahian antara pemain di tengah-tengah lapangan atau pelatih sampai bertengkar dengan pemain lawan dan sebagainya. Kita hindari betul itu," harapnya.

Tak hanya itu, Amali mengungkap akan mendorong PSSI untuk membuat aturan-aturan ketat seperti pengaturan skor dan lainnya. Dengan ini, ia berharap hal-hal yang tidak diinginkan tak lagi terjadi.

"Karena ini akan membuat orang tidak percaya sepak bola Indonesia, orang jadi malas. Nonton saja malas, apalagi ikutan investasi di dalam sepak bola Indonesia," kata Amali.

Amali pun menegaskan pemerintah dan PSSI sangat serius dalam memajukan sepak bola nasional. Terlebih, saat ini ada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Ia menyebutkan ke depannya sepak bola nasional akan didorong ke arah industri.

"Sekarang ini mulai ada kepercayaan, kewajiban saya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, teman-teman dari PSSI ini harus menjaga. Kalau sepak bola ini bergulir maka industrinya akan hidup bukan hanya merchandise tetapi juga berbagai hal akan muncul. Akan ada inovasi-inovasi di era digital," ungkap Amali.

Lebih lanjut, Amali mengungkap pemerintah tak hanya memperhatikan cabang olahraga sepak bola saja. Akan tetapi juga menaruh perhatian pada semua cabang olahraga terutama yang akan dipertandingkan dalam olimpiade.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kemenpora dan stakeholder olahraga tengah menyusun Grand Design Olahraga Nasional dan tengah menunggu terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) sebagai dasar hukumnya.

"Jadi kalau cabang olahraga yang lain kita urus melalui Grand Design Olahraga Nasional. Sekarang dalam tahap finalisasi Perpresnya. Jadi itu bahkan Perpres bukan cuma Inpres, Jadi ada Perpres tentang grand design dan itu kita fokus sesuai dengan karakter orang Indonesia karakter fisik dan lain sebagainya yakni cabang-cabang olahraga yang lebih ke akurasi dan teknik," pungkasnya. 

Siapa saja artis dan pesohor Indonesia yang sudah memiliki klub sepakbola?

1. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad paling pertama terjun ke bisnis klub sepak bola. Dia mengakuisisi klub Liga 2, Cilegon United. 

Kabar tersebut mulai ramai diberitakan ketika dia mengunggah foto di akun Instagramnya, @raffinagita1717.

Tidak sendirian, Raffi juga mengambil keputusan mengakuisisi FC Cilegon bersama Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia Dony Oskaria dan Rudy Salim.

"Mohon doanya, bismillah," tulis Raffi dengan menyertakan foto pakai seragam dan map berlogo Cilegon United, Minggu, 28 Maret.

Raffi Ahmad mengubah nama klub menjadi Rans Cilegon FC. Namun klubnya ini tak langsung mematok target promosi ke Liga 1. Tim ini ingin menata diri sebelum siap untuk bersaing merebut tiket promosi.

Rans Cilegon FC juga berencana membangun lapangan berstandar FIFA sebagai markas tim di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara.

Raffi sendiri beralasan ingin memiliki klub sepakbola lantaran pernah bercita-cita menjadi pemain. 

2. Kaesang Pangarep

Anak Presiden RI yang juga dikenal sebagai seleb di media sosial, Kaesang Pangarep juga ikut meluncur ke bisnis industri sepak bola nasional. 

Kaesang ikut jadi bagian pemegang saham klub Persis Solo bersama Menteri BUMN, Erick Tohir. Bahkan Kaesang, diumumkan jadi Direktur Utama klub yang berkancah di kompetisi Liga 2.

Sejak diumumkan jadi Direktur Utama PT Persis Solo Saestu (PSS), Kaesang menegaskan promosi ke Liga 1 adalah tujuan utama Persis Solo.

"Liga 1 harga mati," ucap Kaesang saat memberikan sambutan.

3. Atta Halilintar

YouTuber ini baru saja memperkenalkan klub sepak bola AHHA PS Pati FC. Atta memperkenalkan klub yang baru dibesutnya ini lewat akun Instagram resminya.

Berdasarkan tayangan video yang diunggahnya, Ahha PS Pati FC menjadikan kuda berwarna hitam sebagai logo klub. Belum ada penjelasan apakah klub ini baru dibentuk atau mengakuisisi klub sepak bola yang sudah ada.

"Bismillah @ahhaps.fc! Semoga bisa ikut bangun sepak bola Indonesia dan bisa melahirkan pemain-pemain hebat untuk Indonesia! ASHIAPP! MERAKYATT," tulis Atta di keterangan unggahan tersebut, dikutip dari akun @attahalilintar, Minggu, 6 Juni.

Sebelumnya, Atta pernah didekati manajemen klub sepakbola Sriwijaya FC asal Sumatra Selatan yang berkompetisi di Liga 2. Sementara di daerah Pati sendiri sudah ada klub sepakbola bernama PSG Pati yang berlaga di Liga 2.

4. Gading Marten

Kabar terbaru, Gading disebut juga mengakuisisi klub sepak bola. Kabar mantan suami artis Gisella Anastasia itu bekerja sama dengan Persikota muncul pertama kali dari unggahan Instagram @persikotafc1994.

Akun tersebut mengunggah dua buah foto yang memperlihatkan Gading Marten memegang dokumen resmi dengan tim Persikota, berikut tulisan 'Selamat Bergabung Gading Marten'.

"Selamat bergabung Gading Marten di Persikota Tangerang. Persikota Tangerang secara resmi telah mencapai kata sepakat dengan salah satu tokoh, artis, pengusaha, dan pegiat sepakbola ternama tanah air untuk bersama memajukan Bayi Ajaib lolos ke liga 2 musim ini. Welcome @gadiiing ! Gading Marten is Baby Force #Persikotareborn," bunyi tulisan unggahan tersebut.

Manajer tim Persikota Tangerang, Mahdiar mengatakan belum mengetahui secara pasti jumlah saham yang akan didapatkan Gading Marten dengan mengakuisisi klub yang diarsiteki H. Rudi Hermawan ini. Termasuk untuk masalah persentase saham yang akan didapatkan.

"Itu yang akan kami bahas detail karena kami perlu diskusi lebih lanjut dalam beberapa waktu ke depan," katanya.

 5. Baim Wong 

Tidak mau ketinggalan, Baim juga berujar ingin membeli klub sepakbola. Melalui akun Instagram, Baim Wong berfoto bersama Direktur Bisnis PT Liga Indonesia Baru, Rudy Kangdra.

"Deal sudah," tulis Baim Wong pada keterangan foto yang diunggah pada Jumat, 21 Mei 2021. "Kita majukan. Persepakbolaan Indonesia!" 

Baim sebelumnya dirumorkan bakal membeli klub Liga 2 Sriwijaya FC. 

"Aku mau beli Sriwijaya," kata Baim dalam tayangan YouTube Fans Entertainment, Sabtu, 15 Mei.

Kendati demikian, Baim Wong belum resmi mengakuisi klub Sriwijaya FC. Justru klub berjuluk Wong Kito tersebut sempat mendekati Atta Halilintar.