Blusukan Cari Manusia Gerobak, Aksi Kompol Beddy Patut Ditiru
Layar tangkap video Kapolsek Setiabudi blusukan mencari manusia gerobak di Setiabudi, Jakarta Selatan.

Bagikan:

JAKARTA – Aksi Kapolsek Setiabudi Kompol Beddy Suwendy patut ditiru. Ia rela blusukan ke sejumlah ruas jalan di Setiabudi sambil mengayuh sepeda untuk membagikan paket bantuan berisi beras kepada masyarakat tak mampu.

"Tadi malam jam 11 (malam) adalah hari ketiga saya membagikan bantuan beras kepada para tunawisma. Sasaran manusia gerobak dan pemulung yang ada di kolong jembatan flyover. Bahkan kepada orang yang tidur di dalam gerobak (manusia gerobak)," katanya kepada VOI saat dikonfirmasi, Selasa 24 Agustus.

Rutin setiap malam, Kapolsek rela menembus dinginnya udara malam hanya demi membahagiakan masyarakat kecil. Bahkan Kompol Beddy menyusuri seluruh kawasan kumuh dan jalan-jalan tempat mangkal tunawisma dengan sepeda miliknya.

"Ini sambil iseng jalan-jalan olahraga bawa beras, kita lihat disitu kasihan juga," ujarnya.

Ide ini muncul setelah petugas kepolisian menggelar vaksinasi keliling. Kemudian pihak kepolisian bertemu dengan para tunawisma dan manusia gerobak.

Setelah melihat fakta itu, aparat kepolisian mengambil langkah kemanusiaan dengan membagikan beras kepada warga kurang mampu. Pembagian beras yang diberikan Polsek Setiabudi untuk meringankan beban hidup mereka.

"Tujuan hanya untuk meringankan warga yang membutuhkan dan memerlukan," katanya.

Kompol Beddy merinci, para tunawisma di wilayahnya biasanya tinggal di kolong jembatan flyover. Menurutnya, jika larut malam tiba, lokasi itu menjadi tempat istirahat mereka.

"Kita keliling ke seluruh Kecamatan Setiabudi, kita puterin. Yang paling banyak tunawisma ada di wilayah Kelurahan Guntur dan Kelurahan Menteng Atas. Semalam 30 paket beras dibagikan, kita bawa pakai sepeda," ujarnya.

Blusukan pembagian beras sengaja dilakukan menggunakan sepeda agar lebih mudah menjangkau para tunawisma.

"Kegiatan ini akan rutin dilakukan karena manusia gerobak di Kecamatan Setiabudi ini lumayan banyak, makanya kita sambil patroli dan bagikan beras kepada fakir miskin, manusia gerobak, tunawisma hingga pengemis," katanya.

Simak videonya: