24 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 Disuntikkan Hari Ini, Jokowi Harap Kaltim Segera Capai <i>Herd Immunity</i>
Presiden Joko Widodo (Foto: Twitter @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kekebalan komunal atau herd immunity di Kalimatan Timur (Kaltim) segera tercapai. Apalagi, per hari ini ada 24 ribu vaksin COVID-19 yang disuntikkan ke masyarakat di 9 kabupaten/kota di provinsi ini termasuk Kota Samarinda.

"Kita harapkan semuanya berjalan lancar dan segera terbangun kekebalan komunal di seluruh Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 24 Agustus.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga sempat melakukan teleconference dengan sejumlah fasilitas kesehatan yang sedang menyuntikkan vaksin COVID-19 dan salah satunya, berasal dari Kabupaten Kutai Barat.

Adapun Kabupaten Kutai Barat melaporkan saat ini tengah melakukan vaksinasi COVID-19 di dua titik dengan total target 2.800 orang menggunakan vaksin Moderna. Namun, karena antusiasme warga, wilayah ini meminta penambahan dosis.

Mendapati adanya permintaan tambahan vaksin, Jokowi lantas memerintahkan tambahan dosis segera diberikan. "Oke, nanti saya kirim ke Dinkes, ke Pak Gubernur nanti agar segera ditransfer ke Kutai Barat," ungkapnya.

Sejumlah daerah lain seperti Kabupaten Kutai Timur dan Penajem Paser juga melaporkan penyuntikkan vaksinasi secara massal kepada masyarakat.

Menanggapi sejumlah laporan tersebut, Jokowi kemudian berharap vaksin segera diberikan agar kekebalan komunal di tengah masyarakat, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur dapat tercapai. Sehingga, nantinya penyebaran COVID-19 bisa segera berkurang.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar program penyuntikkan vaksin bisa dilakukan secara cepat.

"Kita harapkan ada kecepatan dalam program vaksinasi ini dengan harapan penyebaran COVID-19 menjadi berkurang, menjadi kita bisa hilangkan dari Provinsi Kalimantan Timur dan tentu saja dari seluruh Tanah Air Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi hari ini bertolak ke Kalimantan Timur untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar SMP Negeri 22 Samarinda. Dalam peninjauannya, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Selain itu, dia juga didampingi Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.