Ketua DPD RI La Nyalla Harap Pemerintah Serius Menjamin Anak Yatim Piatu Akibat COVID-19
Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. (Foto: Antara)

Bagikan:

SUMEDANG – Pemerintah memastikan anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena COVID-19 menjadi tanggung jawab negara. Mengetahui hal itu Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti mengapresiasi pemerintah, namun dia memastikan untuk kebutuhan lainnya terkait kesejahteraan harus benar-benar terjamin.

"Tidak cukup jika negara hanya berfokus terhadap jaminan kesehatan dan jaminan pendidikan saja, jaminan sosial menyangkut kesejahteraan mereka juga harus diperhatikan. Jangan sampai urusan kesehatan dan pendidikan terpenuhi, tapi mereka harus pontang-panting untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," kata La Nyalla mengutip Antara, Minggu 22 Agustus.

Senator asal Provinsi Jawa Timur ini juga menekankan perlunya pendampingan jangka panjang terhadap anak-anak tersebut, termasuk pendampingan psikososial.

Menurutnya, hal ini diperlukan karena kehilangan orang tua akibat COVID-19 pastinya meninggalkan trauma mendalam.

"Tentunya program trauma healing sangat dibutuhkan untuk anak-anak ini. Bukan hal yang mudah kehilangan dua orang tua dalam satu waktu. Luka berat kehilangan itu akan berkepanjangan. Oleh karena itu, pemerintah harus membuat program paling tepat untuk menanganinya," katanya.