Operasi PPKM Makassar Jaring 55 Orang Positif COVID-19
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Operasi PPKM melalui tes swab antigen COVID-19 on the road oleh Satgas terpadu Pemkot Makassar menjaring 55 orang yang dinyatakan positif COVID-19.

"Setelah sembilan hari dilaksanakan operasi swab on the road di pintu masuk perbatasan kota ini, dari data Dinas Kesehatan yang telah diperiksa sebanyak 2.089 orang, 55 orang di antaranya dinyatakan positif COVID-19," ujar Juru bicara Makassar Recover Dr Natsir Aloq Desi, di Makassar, Sulsel dikutip Antara, Jumat, 20 Agustus.

Operasi penyekatan sekaligus pemeriksaan swab antigen bagi pengendara, kata dia, dilakukan pada empat titik wilayah perbatasan, masuk kota, yakni di jalan Penghibur, Jalan Aroepala, Jalan Perintis Kemerdekaan wilayah Sudiang depan kantor BPS, dan Jalan Sultan Alauddin wilayah Terminal Malengkeri.

Sedangkan bagi mereka yang terjaring berstatus positif Orang Tanpa Gejala (OTG) segera dilakukan tracing atau penelusuran kontak erat oleh tim Covid Hunter.

"Ditemukan positif COVID-19 itu ada sebagian dari luar Kota Makassar. Bagi yang positif ditindaklanjuti Satgas Covid Hunter dengan melaksanakan tes swab PCR untuk memastikan. Bila hasilnya tetap positif baru kita arahkan isolasi mandiri di rumah atau ke isolasi apung di KM Umsini," ungkapnya.

Natsir Aloq menegaskan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19, Tim Makassar Recover akan terus turun ke lapangan untuk melaksanakan swab dijalanan, hingga wilayah ini masuk zona hijau.

Pihaknya mendorong masyarakat agar ikut membantu pemerintah dalam hal percepatan penanganan pandemi COVID-19 salah satunya adalah untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan demi menekan penyebaran virus tersebut.

"Kita tidak boleh lengah, masyarakat harus terus patuh pada protokol kesehatan 5M. Untuk memutus mata rantai COVID-19, Tim Makassar Recover terus bergerak dan tetap melakukan operasi swab on the road, dibantu personil TNI dan Polri," kata Natsir Aloq.